Wah, Harga Sewa Mobil Kadis Kesehatan per Bulan Rp 20 Juta

Gambar Ilustrasi

KBRN, Ambon: Harga sewa mobil Kadis Kesehatan Propinsi Maluku, dr Zulkarnain terbilang cukup mahal. 

Bagaimana tidak, untuk biaya sewa mobil saja, dana yang dikeluarkan sebesar Rp 120 juta terhitung untuk enam bulan.

"Per bulan 20 juta. Berarti enam bulan Rp 120 juta. Besar amat," kata Ekonom dan Pemerhati Kebijakan Pembangunan Maluku, Julius Latumaerissa kepada RRI Ambon, Minggu (03/07/2022)

Menurutnya, penggunaan mobil sewa bukan saat dr Zulkarnain menjabat jabatan Kadis Kesehatan Maluku. Tapi ketika beliau (Zulkarnain-red) ditunjuk sebagai Plt Dirut RS Nania. 

Ketika itu, Zulkarnain mengusulkan dalam APBD Perubahan perihal sewa mobil kantor untuk mengantarkannya selama enam bulan. Per bulan Rp 20 juta.

Dalam proses pengusulan, jabatan itu bergeser. Zulkarnain diangkat menjadi Plt Kadis Kesehatan dan dr Sherly duduki jabatan Plt Dirut RS Nania. 

Kendati sudah menjadi Plt Kadis, dr Zulkarnain tak lupa akan usulan yang pernah dibuatnya. Dia kerap menghubungi dr Sherly untuk menanyakan anggaran itu.

"Awalnya dr Sherly tak mau. Tapi karena dalam tekanan Plt Kadis Zulkarnain, makanya ibu Sherly berikan juga," sebutnya

Dia bilang, kalaupun dr Sherly membayar itu, pertanyaannya anggaran yang dipakai itu dari pos mana. Sebab setelah usulan dilakukan dan masih dalam proses, Zulkarnain sudah ditunjuk sebagai Plt Kadis Kesehatan.

"Boleh usul, tapi kalau dalam proses yang bersangkutan sudah menjadi Plt Kadis, ngapain minta itu lagi. Lantas pertanggungjawabnya nanti gimana," tanya akademisi Unitomo Surabaya itu

Julius menyatakan, kalau memang seperti ini, maka BPK harus melihatnya. Sebab ini sebuah pelanggaran administrasi yang sudah dengan sengaja dilakukan Zulkarnain.

"Saya juga minta DPRD Maluku bisa melihat ini. Minta pertanggungjawab dia soal Rp 120 miliar itu. Sebab ini sudah merugikan Maluku," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar