Pembuatan Ikon "Buaya Pakuela" Negeri Passo Terkendala Lahan

KBRN, Ambon: Masyarakat Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, punya keinginan besar untuk membuat ikon negerinya, layaknya negeri-negeri adat lainnya yang ada di Maluku.

Sayang, hingga saat ini, mereka masih terkendala dengan lahan. Belum ada tempat yang tepat untuk ikon negeri itu dibangun. 

Rencananya ikon berlambang buaya dengan nama Pakuela (tertancap, tinggal dan menetap) itu, dibuat tepat di depan jalan umum. 

Supaya siapapun yang melewati jalur itu, bisa melihat ikon yang lengkap dengan sejarah berdirinya negeri tersebut.

"Ini gagasan yang sudah sejak lama dibahas. Tapi lahan untuk letaknya ikon buaya ini, yang belum ditemukan," kata anggota DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw di Ambon, Kamis (30/06/2022)

Menurutnya, rencananya ikon itu akan di bangun tepat di depan SPN Passo. Hanya saja, ruas jalan di depan SPN Passo merupakan jalan Nasional. 

"Kesulitan mereka hanya disitu. Tapi saya mintakan supaya itu diusulkan saja ke pemerintah Maluku dan Kota Ambon," jelasnya

Nanti, lanjut Tito (sapaan Christianto-red), sebagai aleg dapil Baguala, akan menyampaikan itu juga ke pemerintah sebagai usulan program.

"Kononnya kelompok yang datang ke Passo itu menggunakan buaya sebagai alat transportasi mereka. Nah, agar ini selalu dikenang dan dijadikan sejarah, maka mereka mau buat ikon dengan bentuk buaya," tukasnya 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar