Penjabat Bupati SBB Diminta Konsisten Jalankan Program Yang Disepakati Bersama DPRD

KBRN, Piru :  Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Melkysedek Tuhehay meminta Penjabat Bupati SBB, Brigjen TNI Andi Chandra As 'Aduddin menjalankan semua progran yang sudah disepakati antara DPRD dengan Pemda.

Permintaan itu disampaikan Tuhahay  dalam rilisnya kepada wartawan, belum lama. 

Menurutnya,  dalam Inpres No 4 Tahun 2011 Tentang Percepatan  Peningkatan Kualitas  Akuntabilitas  Keuangan Negara, ditegaskan bahwa program yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU)  yang telah digulirkan sejak awal tahun harus dijalankan  agar terjadi perputaran ekonomi.

Ketua Fraksi PDIP DPRD SBB meyakini, dengan dilaksanakannya program-program di daerah, akan  berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi.

Ditegaskan Tuhehay, Pemerintah Daerah tidak bisa merubah kesepakatan program yang telah ditetapkan dalam APBD murni karena itu berbenturan dengan Undang- Undang.

"Karena ada siklus atau tahapan  pada APBD perubahan, dimana di situ kita bisa merasionalisasi perubahan-perubahan sesuai kebutuhan di dalam DAU. Kalau DAK itu tidak bisa dirubah karena sudah paten" jelasnya.

Lebih jauh, Sekretaris Komisi III DPRD SBB ini meminta Penjabat Bupati SBB Brigjen Andi Chandra As'Aduddin, bekerja secara profesional demi kepentingan orang banyak,  yaitu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar