Danlantamal IX Pastikan Rekrutmen TNI AL Gratis 

KBRN, Ambon : Perekrutan atau penerimaan calon siswa (Casis) Perwira, Bintara PK pria/wanita, dan Tamtama PK TNI Angkatan Laut (AL), tidak dipungut biaya.

Pernyataan tersebut disampaikan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, pada saat menanggapi pertanyaan dari masyarakat, ketika melaksanakan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku.

"Memang selama ini terkesan kalau masuk seleksi Angkatan Laut itu susah. Bahkan sempat beredar rumor jangan bermimpi untuk jadi anggota TNI AL karena tidak sembarangan orang bisa masuk menjadi prajurit TNI AL. Padahal sekarang seleksi itu sudah terbuka dan online," jelas Danlantamal IX.

Saat ini kata Latuconsina, kuota penerimaan meningkat menjadi 136 calon siswa. Jumlah ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya, yang hanya 73 orang. Mengingat kebutuhan personel untuk mengawaki satuan-satuan di daerah diharapkan dari putra daerah, sehingga bisa mengabdi kepada daerahnya sendiri melalui TNI AL. Dan diharapkan dengan pendekatan budaya serta kearifan lokal maka kinerja dan pelaksanaan tugas prajurit akan lebih baik. 

"Hal ini merupakan kesempatan baik dan sangat terbuka luas apalagi bagi putra asli daerah," tandasnya.

Ia berharap nantinya putra/putri daerah ini dapat mengisi organisasi TNI AL yang ada di daerah Maluku, dan pastinya saat bertugas lebih gampang bersosialisasi dengan masyarakat bahkan lebih tahu permasalahan yang ada serta cara menanganinya.

"Kita akan sosialisasikan ke daerah-daerah, dengan menghadirkan anggota-anggota Lantamal yang memang tugasnya untuk melaksanakan sosialisasi dan seleksi. Sehingga nanti mereka akan lebih paham dan anak-anak kita bisa lebih siap lagi," tutup Danlantamal IX.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar