Maluku Siap Jadi Emberkasi Antara di Tahun 2023, Ini Kata Kakanwil Kemenag

KBRN, Ambon: Provinsi Maluku siap menjadi Emberkasi Antara di tahun 2023. Penegesan tersebut disampaikan Kakanwil Kementerian Agama Maluku H. Yamin. 

Menurutnya,  infrastruktur menjadi salah satu persyaratan kelengkapan Emberkasi Haji Antara. Dan saat ini Maluku telah memiliki Asrama Haji dengan berbagai fasilitas sebut saja Gedung Muzdalifah dengan luas 8.500 M2, berdiri di atas tanah dengan luas 17.695 M2. 

Gedung Muzdalifah memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 650 jemaah, terdiri dari 114 kamar.

Asrama Haji berada di Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon dan Gedung tersebut diresmikan oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali.

Dikatakan, selain infrastruktur, Peraturan Daerah juga menjadi persyaratan Emberkasi Haji Antara,  dan saat ini Perda tesebut telah disahkan oleh DPRD provinsi Maluku.

"Tahun 2022 ini, kita sudah uji coba dengan masuknya jamaah Calon Haji Maluku dari 11 Kabupaten/ kota di Maluku,"kata Kakanwil.

Diakuinya, untuk anggaran, tahun ini semua biaya JCH menuju Emberkasi Makasar di tanggung oleh pemda Maluku.

"Sekarang ini tinggal alokasi biaya dari Emberkasi Makasar ke Maluku saja,  karena semua biaya kan sudah ditanggung sama pemerintah provinsi Maluku, "ungkapnya.

Emberkasi Haji Maluku akan diperuntuhkan bagi JCH Maluku, dan Maluku Utara, Papua serta Papua Barat,  tergantung estimasi biaya dari daerah tersebut.

"Kami akan lobi dengan Maluku Utara, Papua dan Papua Barat,  tergantung estimasi biaya, apakah ke Maluku Kos nya lebih murah atau bagaimana, "jelasnya. 

Menurutnya Provinsi Maluku sudah siap menjadi Emberkasi Antara, tinggal keputusan resmi dari pemerintah pusat. 

"Dengan Emberkasi Antara,  JCH langsung dari bandara Pattimura ke Jeddah-Arab Saudi, di Makasar nanti pindah pesawat saja, "terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar