Banyak Guru Bakal Pensiun, Disdik & BKD Ambon Diharapkan Segera Cari Solusi

KBRN, Ambon: Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw meminta Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon untuk segera berkoordinasi soal formula guru tingkat SD dan SMP yang bakal pensiun di tahun 2022 maupun 2023. 

Koordinasi itu penting sehingga baik Disdik maupun BKD bisa mengetahui data jelas berapa jumlah guru yang nantinya pensiun.

"Sudah harus berkoordinasi lalu bicarakan penggantinya nanti gimana. Jangan sampai guru pensiun, lalu itu berdampak pada proses belajar mengajar di sekolah," kata Chistianto kepada RRI di Ambon, kemarin.

Menurutnya, saat ini, Disdik dan BKD jangan hanya memikirkan soal zonasi penerimaan siswa baru saja, tapi terkait jumlah guru itu juga jauh lebih penting.

Sebab dengan pemerataan guru pada sekolah-sekolah, maka proses belajar mengajar pendidikan di sekolah dapat berjalan dengan baik.

"Kemudian juga bisa meningkatkan mutu kualitas di sekolah itu sendiri," jelasnya

Tapi, lanjutnya, ketika banyak guru yang pensiun lalu tak ada solusi akan hal itu, maka siswa pun akan kesulitan mendapatkan mata pelajaran.

"Makanya kami sebagai mitra kerja minta supaya mensiasatinya lebih awal. Jangan buat masalah ini jadi beban sekolah sendiri," tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar