Polres SBB Mediasi Penyelesaian Konflik Sesama Warga Kamal

KBRN, Ambon : Polres Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (26/05/2022), menghadirkan dua kelompok warga Desa Kamal, Kecamatan Kairatu Barat, yang bertikai. 

Pertemuan berlangsung sekitar pukul 14.15 WIT di Aula Bhayangkara Polres SBB, dihadiri tokoh masyarakat Desa Kamal dan Kompleks Kampung Kolam Desa Kamal.

Maksud dari pertemuan itu dilakukan dalam rangka mencari solusi penyelesaian masalah perkelahian antar pemuda Desa Kamal dan pemuda Kompleks Kampung Kolam.

Kapolres SBB AKBP Dennie. A. Dharmawan dalam arahannya menegaskan, kehadiran dirinya di Negeri Saka Mese Nusa semata-mata untuk menciptakan rasa aman dan damai bagi segenap masyarakat. 

Karena itu, belajar dari pengalaman konflik yang terjadi di daerah lain, Kapolres meminta semua pihak untuk menurunkan ego agar semua  persoalan dapat diselesaikan secara baik. 

Dikatakan Kapolres, konflik antar warga yang terjadi di Desa Kamal dipicu oleh minuman keras (miras). Dengan demikian, permasalahan yang sudah dilaporkan ke polisi  tetap akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

"Terhadap pelaku kejahatan yang terbukti, tidak akan ada hambatan apapun untuk ditangkap dan proses sesuai hukum yang berlaku," ujar Kapolres.

Diingatkan Kapolres, tugas pokok Kepolisian RI adalah melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat, serta memelihara kamtibmas dan menegakan hukum.

Karena itu, ia berharap, setiap permasalahan yang terjadi, hendaknya diselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan persoalan yang lain.

"Kami mengajak Pemerintah Desa bersama staf dan para tokoh untuk dapat bekerja sama melihat permasalahan yang terjadi. Proses hukum tetap dilakukan terhadap para pelaku. Kita harus menjunjung tinggi kedamaian," tegas Kapolres.

Lebih jauh Kapolres berharap, hasil dari pertemuan ini dapat disampaikan kepada pihak korban yang mengalami kerugian material dan korban pemukulan, serta semua pihak agar tetap menahan diri dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar