DPRD Dukung Pembangunan Pos Jaga Sampah di Batas Kota

KBRN, Ambon: Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk membangun pos jaga di kawasan Pasar Minggu, Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. 

Bagi DPRD, dengan adanya pos jaga, sudah barang tentu orang yang ditempatkan di pos itu bisa mengontrol serta melarang siapapun dia yang hendak membuang sampah di sepanjang jalan kawasan tersebut.

"Kita dukung kalau ada pos jaga disana, sebab keberadaannya bisa merubah perspektif orang bahwa ini bukan tempat pembuangan sampah," kata anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Harry Putra Far-Far dihubungi wartawan via seluler, Kamis (26/5/2022)

Menurutnya, budaya masyarakat terkait buang sampah sembarangan harus bisa diubah. Caranya, dengan pengawasan dan kontrol ketat dari dinas terkait.

Selain itu, sosialisasi akan bahaya dari bakteri sampah, harus turun sampai di tingkat bawah. Kalaupun ini berjalan baik, maka perlahan masyarakat bakal sadar sampah.

"Kalau sudah ada pos, budaya buang sampah sembarangan sudah berubah, baru lah dinas melakukan pembersihan secara bertahap supaya lingkungan disitu kembali pulih dan bersih," paparnya

Politisi Perindo itu menambahkan, terkait pos jaga sampah, nanti akan dibicarakan lagi lebih lanjut dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon di dalam rapat-rapat komisi III.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar