Fatlolon Pastikan Maju Pilkada 2024, Ini Program Prioritas yang Dilanjutkan 

KBRN, Ambon : Masa kepemimpinan Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon dan Wakil Bupati Agustinus Utuwaly resmi berakhir, setelah 5 tahun mengabdi dan melayani masyarakat Tanimbar dari ujung Molu Maru sampai ujung Selaru.

Kini, Kabupaten Kepulauan Tanimbar resmi dipimpin Penjabat Daniel Indey (Kepala Perpustakaan Daerah) sesuai SK Mendagri Tito Karnavian.

Tidak lagi menjabat, Petrus Fatlolon kepada RRI Selasa (24/5/2022) memastikan akan kembali mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Saya akan mencalonkan diri lagi pada Pilkada 2024. Dan sudah saya sampaikan kepada orang Tanimbar bahwa saya akan maju mencalonkan diri lagi untuk melayani dan mengabdi disana," ujar Fatlolon.

Dijelaskan, program prioritas di Kepulauan Tanimbar yang harus dilanjutkan yakni pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Ia harapkan tokoh-tokoh politik tidak mempolitisir kondisi ekonomi di Tanimbar, mengingat dampak pandemi tidak hanya berdampak di Tanimbar tetapi juga di Maluku, Indonesia bahkan dunia mengalami keterpurukan.

"Pandemi berdampak pada keterpurukan ekonomi, dan ada pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh negara," jelasnya.

Prioritas lainnya di Kepulauan Tanimbar  lanjut Fatlolon yakni pelayanan dasar berupa pendidikan dan kesehatan, serta perlu didorongnya sektor pertanian dan perikanan yang kemudian ditunjang dengan infrastruktur memadai. 

Ia tak menampik, dihadapkan dengan pandemi Covid-19 mengharuskan adanya refocusing anggaran, sehingga beberapa program kegiatan harus ditunda pelaksanaannya. Meski demikian, Fatlolon tetap memberikan apresiasi atas dukungan pimpinan OPD di Tanimbar, ASN, serta masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga setiap program prioritas di tahun 2017-2022 berjalan maksimal.

"Selama 5 tahun menjabat tentu ada masih ada yang kurang, dan belum menjawab seluruh kebutuhan masyarakat. Namun diharapkan kebutuhan masyarakat yang belum terjawab, akan dilanjutkan pada periode kedua saya dengan tetap berpedoman pada kentuan perundangan-undangan dan kemampuan keuangan daerah," jelas Fatlolon.

Fatlolon pastikan tetap memberikan dukungan bagi penjabat bupati yang dilantik hari ini. Diharapkan penjabat bupati dapat meneruskan pembangunan serta menyelenggarakan pemerintahan di Tanimbar dengan baik, tetap berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda agar seluruh harapan masyarakat dapat tercapai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar