Anggota DPR-RI Saadiah Uluhputty bersama Balai Besar Vertenier Maros Kementan RI Gelar Bimtek kepada Peternak di MBD

KBRN, Ambon: Anggota DPR-RI Saadiah Uluhputty bersama Balai Besar Vertenier Maros Kementerian Pertanian (Kementan) RI, ke Maluku Barat Daya.

Kunjungan tersebut untuk menggelar Bimbingan teknis (BIMTEK) Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2022 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). 

Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty menjelaskan, dengan BIMTEK, Peternak akan mendapatkan bimbingan dan informasi terkait dengan persoalan peternakan yang selama ini di alami. 

"Bagi saya, bimtek ini menjadi instrumen untuk bertemu peternak agar bisa mendengar aspirasi dan masukan bagi kami, apalagi di Kabupaten MBD memiliki komoditi unggul seperti Kerbau Moa, Kambing Lakor, dan Domba Kisar,"kata Uluputty.

Dikatakan, kehadirannya bersama pihak Balai Besar Vertenier Maros Kementerian Pertanian menjadi satu instrumen untuk bertemu dengan para peternak guna mendengar aspirasi dari para peternak dan  berbagai persoalan serta permasalahan seputar peternakan.  

"Ini menjadi catatan bagi kami Anggota DPR RI Dapil Maluku untuk memperjuangkan beberapa hal, baik itu sarana prasarana secara teknis di kelembagaan-kelembagaan teknis yang harus disediakan, serta kesiapan regulasi yang harus ditata dan diperbaiki dan dibuat bagi yang belum ada," ujar Uluputty. 

Menurut Uluputty, usulan secara Nasional sudah ditetapkan plasma Nutfa di Kabupaten MBD khusus Kerbau Moa. 

"Tapi, baiknya kita mengusulkan selain daerah asal bibit, menetapkan daerah sumber bibit di MBD khusus kerbau Moa sehingga ditetapkan Kementerian agar menjadi perhatian," katanya. 

Sementara itu, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Kementerian Pertanian RI, Risman Mangidi, menuturkan pihaknya dipercayakan sebagai Satker pelaksanaan BIMTEK. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Anggota DPR RI Komisi IV. 

"MBD belum sama sekali kami kunjungi. Hari ini kami sudah mendengarkan dan melihat sendiri terkait keberadaan Kerbau Moa, Domba Kisar dan Kambing Lakor, yang dimana potensi ini sangat besar sehingga kami akan mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan dalam BIMTEK ini,"tutur Risman. 

Kata Risman, pihaknya akan mencoba mengembangkan potensi Peternakan di MBD terutama pengembangan dari Kerbau Moa, Domba Kisar dan Kambing Lakor, namun melalui beberapa tahapan-tahapan yang akan disiapkan. 

"Kita tidak bisa laksanakan sendiri namun membutuhkan dukungan dan sport Komisi IV DPR RI. Kami yakin keberadaan Ibu Saadiah Uluputty yang adalah wakil Rakyat asal Maluku ini bisa memberikan kami motifasi dan dorongan serta mendampingi kami sehingga kita dapat mengembangkan Kerbau Moa di MBD," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar