Masyarakat Kota Ambon Antusias Ikuti Pemecahan Rekor MURI Makan Papeda 

KBRN, Ambon : Masyarakat Kota Ambon antusias mengikuti pemecahan rekor MURI dengan kategori menyantap papeda (makanan khas Maluku) terbanyak dan terpanjang yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura, Minggu (22/5/2022).

Pantauan RRI di lapangan, sejak pukul 05.00 WIT ribuan masyarakat kota berjuluk manise ini telah memadati ruas jalan Jembatan Merah Putih (JMP) yang merupakan tempat berlangsungnya kegiatan bertajuk "Papeda Merah Putih".

Aparat keamanan nampak berjaga ketat, bahkan demi lancarnya kegiatan sejak pukul 05.00 WIT, jembatan yang membentangi teluk dalam pulau Ambon dan menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) dan Desa Hative Kecil/Galala ditutup sementara waktu. 

Suasana semakin semarak, karena diramaikan dengan senam zumba yang dipimpin artis Denada sebagai instruktur.

Salma (35) salah satu warga mengaku antusias mengikuti kegiatan menyantap papeda atau makanan khas Maluku tersebut.

"Datang dari pagi, lalu kita diarahkan untuk mengambil makanan yang telah disiapkan Kodam. Didalamnya ada dua papeda Bungkus dan ikan kuah kuning," ujar Salma dengan antusias.

Senada dengan Salma, Mutia (26) warga lainnya mengaku antusias bahkan ini adalah kali kedua menyantap makanan khas orang Maluku ini. 

"Saya aslinya dari Jawa dan Ini kedua kalinya saya makan papeda. Senang sekali, apalagi sebelum santap bersama kita ikut senam zumba dulu," ujar Mutia.

Untuk diketahui, rekor MURI berhasil dipecahkan Kodam XVI/Pattimura dengan menyiapkan sebanyak 35.000 papeda bungkus, dengan panjang 123 meter yang memiliki makna yakni angka 1 yaitu Kodam XVI/ Pattimura sebagai pelindung dan perekat bangsa, sedangkan angka 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI/ Pattimura.

Selain itu, makanan khas orang Maluku terbuat dari sagu tersebut juga mengandung unsur perekat yang sejalan dengan tema HUT ke-23 Kodam Pattimura yakni "Dua Puluh Tiga Tahun Pengabdian, Kodam XVI/ Pattimura Bertekad Hadir Membawa Solusi Sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa".

Kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar)Said Latuconsina, Mantan Wagub Maluku Zeth Sahuburua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar