Santap 35.000 Papeda Bungkus dengan Panjang 123 Meter, Pecahkan Rekor MURI

KBRN, Ambon : Sebanyak 35.000 papeda bungkus dengan panjang 123 meter disantap oleh prajurit jajaran Kodam XVI/Pattimura dan masyarakat Kota Ambon sekaligus memecahkan rekor MURI dalam kegiatan bertajuk "Papeda Merah Putih" untuk kategori menyantap papeda terbanyak secara hybrid dan sajian rangkaian papeda bungkus terpanjang. 

Kegiatan yang digelar Kodam XVI/Pattimura diatas Jembatan Merah Putih (JMP), Kota Ambon, Minggu (22/5/2022), berhasil mengalahkan rekor makan papeda sebelumnya yang digelar Pemkot Jayapura dengan panjang 110 meter. 

Makan papeda dengan panjang 123 meter sekaligus memeriahkan HUT ke-23 Kodam XVI/ Pattimura yang jatuh pada tanggal 15 Mei 2022 lalu, diawali dengan senam zumba massal dipimpin artis Denada.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan, pepeda dengan panjang 123 meter memiliki makna yaitu angka 1 artinya Kodam XVI/Pattimura sebagai ksatria terbaik pelindung dan perekat bangsa, sedangkan angka 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI/ Pattimura.

Sementara untuk sajian papeda dipilih karena selain sebagai makanan khas Maluku dari bahan sagu, tetapi juga mengandung unsur perekat. Diharapkan HUT ke-23 ini Kodam Pattimura terus memiliki semangat sebagai perekat bangsa demi terciptanya keamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Jadi kita mengangkat kearifan lokal Maluku yakni papeda sampai pentas manapun juga sebagai kebanggaan masyarakat Maluku. Kita berharap, terus memiliki semangat sebagai perekat bangsa demi ciptanya situasi yang aman kondusif demi kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada, baik di Maluku maupun Maluku Utara. Sementara untuk lokasi kegiatan ini, kita pilih JMP sebagai salah satu ikon dan kebanggaan masyarakat Kota Ambon ," jelas Pangdam.

Lanjut Pandam, kegiatan ini juga didedikasikan kepada Alm. Brigjen Stefanus Mahury yang berkontribusi menyumbang ide untuk kegiatan makan papeda dalam memecahkan rekor MURI.

"Ini kita dedikasikan untuk alm. yang luar biasa lewat karya dan ide beliau yang positif. Tentunya mohon dukungan agar Kodam Pattimura terus memberikan yang terbaik," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail memberikan apresiasi kepada Kodam XVI/Pattimura yang telah memecahkan rekor MURI untuk santapan papeda terbanyak dan terpanjang.

"Dengan diberi rekor MURI ini suatu hal yang luar biasa. Kita orang Maluku saja belum berpikir sampai buat papeda terpanjang, tapi Kodam Pattimura telah berhasil melakukannya dan ini sangat diapresiasi," kata Gubernur Murad.

Gubernur juga pastikan kedepannya, pemerintah Maluku juga akan memecahkan rekor MURI untuk 365 jenis makanan dari bahan dasar sagu.

"Sebenarnya dari awal sudah kita rencanakan namun tertunda akibat Covid-19. Namun kegiatan ini akan kita lakukan nantinya, berlokasi di Lapangan Tahaparh atau Lapangan Merdeka, Kota Ambon," terangnya.

Selanjutnya, demi lancarnya acara, maka ruas jalan diatas JMP ditutup sejak pukul 05.00 WIT dan kembali dibuka pada pukul 08.00 WIT.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Mantan Wagub Maluku Zeth Sahuburua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar