Soal Sampah Pasar Batumerah, Pedagang: Walikota Ditahan KPK, Anak Buah Malas Kerja

KBRN, Ambon: Sampah di pasar kawasan Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, terhitung sudah sebulan menggunung. 

Kendati demikian, belum ada perhatian serius Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon untuk mengangkut sampah-sampah tersebut. 

Pantauan RRI Ambon, sampah bahkan telah meluber hingga ke badan jalan. Kondisi ini membuat arus lalulintas di kawasan itu sedikit terhambat.

Selain itu, sampah juga mengeluarkan aroma busuk. Banyak lalat yang beterbangan di lokasi tersebut. Tentu, ini sangat menggangu kenyamanan penciuman pengguna jalan yang melintas.

Salah satu pedagangan Pasar Batumerah, Evi Pattiasina mengatakan, sampah dikawasan ini sudah lama menggunung. Namun, belum juga diangkut oleh petugas DLHP.

"Walikota su dapa tahan dari KPK, makanya anak buah malas kerja," kata Evi menggunakan dialeg malayu Ambon

Menurutnya, jika tidak dibersihkan oleh pedagang, mungkin saja sampah-sampah berbagai jenis ini sudah menutupi semua badan jalan.

"Ada pedagang yang angkat dan tumpuk di bagian atas, kalau tidak mungkin sampah sudah tutupi semua badan jalan," sebutnya

Pedagang lainnya, Salmah mengaku, sudah pernah keluhkan masalah ini ke putugas kebersihan. Namun, respon mereka (petugas) tidak sesuai harapan. 

"Kita sudah bicara ulang-ulang tapi petugas tidak peduli dengan kita," katanya

Dia berharap, Pemkot Ambon melalui dinas terkait bisa segera mengngkut sampah yang ada karena keberadaanya bisa berdampak pada kesehatan pedagang yang berjualan di kawasan itu.

"Dari pada pedagang buang sampah ke laut, ya lebih baik disitu agar bisa diangkut dan dibuang ke TPSA," tukas dia

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar