Proyek Gagal Distan SBT Keluarkan Lumpur Setinggi 5 Meter, Warga Panik

KBRN, AMBON : Warga Desa Waisamet, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku dihebohkan dengan fenomena langkah.

Semburan lumpur setinggi 5 meter itu membuat warga setempat panik. Mereka heboh. Petistiwa itu terjadi sekira pukul 14.00 Wit, Kamis (19/5/2022), kemarin. Semburan lumpur itu diduga milik sumur bor dari Dinas Pertanian Kabupaten setempat.

Sumur bor tersebut, diketahui dibangun Distan Kabupaten SBB pada 2021 lalu. Proyek ini, gagal karena tidak mengeluarkan air.

Tidak lama terurus, proyek gagal itu kemudian mengeluarkan semburan lumpur dari sumur bor yang berjarak kurang lebih 1,5 Km arah selatan dari pemukiman warga.

Kepala Desa Waisamet, Alfian Rumatumia, mengatakan, semburan liar ini sebelumnya terjadi akibat pengeboran sumur tanah dalam untuk pengairan persawan pada lahan pertanian desa setempat.

Bahkan sumur bor yang tak terurus itu, pernah mengeluarkan gas dan api. "Semburan ini ditakutkan berbahaya karena sampai tadi malam, semburan tidak mengecil tapi semakin membesar,” kata Alfian Rumatumia.

Ia mengharapkan, fenomena langkah ini segera ditangani karena bisa saja berpotensi membahayakan warga yang berada di sekitar sumur tersebut berada.

"Kami minta pihak BPBD untuk mendatangkan ahli untuk meneliti sejauh mana dampak semburan itu apakah membahayakan atau tidak," harap dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar