Cegah Penyakit Menular, WBP Lapas Ambon Ikut Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan

KBRN Ambon: Warga Binaan Pemasyarakata (WBP) atau narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon mendapatklan penyuluhan terkait bahawa penyakit menular (HIV, Hepatitis dan Sipilis).

Bertempat di aula Lapas Ambon kegiatan ini terselenggara atas dukungan dan kerjasama Yayasan Pelangi Maluku dan Dinas Kesehatan Kota Ambon melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) PassoYolanda Litaay selaku petugas poliklinik Lapas Ambon meminta agar WBP dapat mengikuti dan memperhatikan dengan tertib sehingga dimengerti dan memahami arti pentingnya menjaga kesehatan.

"Kesehatan itu penting, virus, baketeri, penyakit terus berkembang. Untuk itu, Pencegahan dan penanganannya harus lebih cepat yang diawali dengan mengenal penyakit tersebut,"ucap Yola,Selasa (16/5/2022)

Yola berharap pemahaman yang nantinya diperoleh WBP akan menjadi ilmu untuk dapat disampaikan kepada orang yang terdekat.

"Ini penting bukan saja untuk diri sendiri tetapi kelak dapat disampaikan pada keluarga dan orang terdekat,"harapnya.

Sementara itu, Koordinator Yayasan Pelangi, Belinda soissa Belinda Soissa yang merupakan Koordinator Lapangan Yayasan Pelangi menyebut kehadiran pihaknya untuk mensosialisasikan penyakit menular( HIV, Hepatitis, dan Sipilis) selaku lembaga dapat dipahami oleh masyarakat dalam hal ini WBP dan berjalan berkesinambungan.

"Kami ingin WBP dapat mengetahui dan mengenal ap aitu penyakit menular terutuma dalam upaya mencegah dan mengobati penyakit yang akan dilakukan secara berkesinambunga," kata Belinda.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengambalian sampel darah WBP oleh petugas puskesmas passo guna mengetahui kondisi Kesehatan WBP. Sampel darah tersebut kemudian dibawa untuk diperiksa lebih lanjut.Salah satu WBP berinisial IS mengaku senang dan antusias mengikuti penyuluhan dan pemeriksaan Kesehatan tersebut.

"Semoga pemeriksaan ini memberikan hasil yang baik,"harapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar