Satu Warga Myanmar Dapat Remisi Waisak, Langsung Bebas Hari Ini Diserahkan ke Imigrasi

KBRN,Ambon:  Satu narapidana Warga Negara Asing (WNA) asal Myanmar bernama  Saw Lin Naung, mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022)  pagi.

WNA Saw Lin Naung selama 9 tahun ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II  A Ambon karena tersandung kasus pembunuhan. Ia mendapat Remisi Khusus (RK II) atau langsung bebas dengan masa potongan tahanan Dua bulan.

Surat  Keputusan (SK) Remisi  diberikan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Maluku, Saiful Sahri di  Lapas Ambon.

Setelah itu , yang bersangkutan langsung dilakukan penyerahan kepada petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ambon untuk dideportasi ke negaranya.

Saiful Sahri   mengungkapkan warga negara asing yang telah habis masa pidana harus segara diserahterimakan kepada pihak Imigrasi.

"Karena narapidana ini berkewarganegaraan asing, sebuah keharusan untuk kami menyerahterimakannya. Selanjutnya, hak dan kewajiban menjadi tanggung jawab Imigrasi,"urainya.

Kasi Intelijen Kanim Imigrasi Ambon, Hariyanu menambahkan,  terkait pembebasan WNA ini  pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Myanmar di Jakarta  dan  disetujui untuk melakukan zoom meeting guna kelengkapan dokumen kepulangan yang bersangkutan ke negara asal.

"Sementara kita  tangani  untuk proses keimigrasian selanjutnya, sehingga ada kepastian hukum,"tutupnya.

Sesuai Standar Operasional Prosedur, setelah bebas dari Lapas Ambon, sementara ini WNA Saw Lin Naung kemudian dititipkan sementara  di Rumah Detensi Imigrasi Ambon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar