Polda Maluku Terjunkan Tim Psikologi ke Pulau Haruku

KBRN, AMBON : Kepolisian Daerah Maluku mengirim personel psikologi untuk melakukan trauma healing kepada pengungsi Kariuw yang sementara berada di Negeri Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH.,M.Hum mengatakan, tim psikologi telah dikirim menemui para pengungsi, Jumat (28/1/2022). 

Menurutnya, tim yang dikirim untuk memulihkan kondisi psikis masyarakat yang keluar dari kampungnya akibat konflik yang terjadi pada Rabu (26/1/2022) lalu.

"Kita memulihkan kondisi psikis masyarakat yang keluar dan trauma. Hari ini tim kita dari Polda psikologi untuk trauma healing sudah berangkat ke sana," kata Kapolda kepada wartawan. 

Selain memulihkan trauma yang dialami, tim yang diberangkatkan juga akan memberikan penguatan-penguatan mental kepada masyarakat termasuk anak-anak.

"Tim ini juga memberikan penguatan mental terhadap masyarakat, anak-anak dan siapapun yang membutuhkan," jelasnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Kapolda, pihaknya juga akan akan mengirim tim kesehatan. Tim yang akan diberangkatkan ini nantinya bergabung dengan tim kesehatan dari TNI. 

"Kita sama-sama ke sana, karena pasti di tempat-tempat yang massal seperti itu akan rawan penyakit dan sebagainya. Kita juga akan dorong apa yang kita miliki yang bisa membawa manfaat bagi mereka seperti obat-obatan, vitamin dan sebagainya untuk kita laksanakan di sana," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar