Blok Hunian Warga Binaan Rutan Ambon Digeledah

KBRN,Ambon: Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon lakukan penggeledahan pada blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Penggeledahan kali ini juga dihadiri Alviantino selaku Kepala Subseksi Bidang Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku yang memantau dan membantu penggeledahan secara langsung.

Fokus penggeledahan adalah Blok Cempaka yang dihuni WBP kasus narkotika, Blok Bougenfil yang dihuni tahanan tindak pidana umum, dan Blok Dahlia yang dihuni WBP berstatus narapidana.

"Dilaksanakannya penggeledahan pada malam hari karena tidak adanya aktivitas WBP seperti saat pagi maupun siang hari,"terang Kepala Rutan (Karutan) Ambon, Jose Quleo,  Jumat (28/1/2022)

Menurutnya, dengan makin banyaknya kejadian-kejadian terkait gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Unit Pelaksana Teknis wilayah Maluku dan luar Maluku, membuat jajaran pengamanan di Rutan Ambon harus ekstra ketat dalam melakukan tugas dan fungsi pengawasan terhadap WBP.

"Tetap lakukan penggeledahan dengan baik dan sopan. Lakukan semua dengan memperhatikan SOP yang ada. Sita semua barang terlarang di Rutan. Pastikan kondisi barang saat digeledah juga diketahui kepala kamar agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam proses penggeledahan,"pesan Jose.

Dari hasil penggeledahan pada tiga blok tersebut, ditemukan satu handphone, ikat pinggang, kaca, paku, silet, korek api gas, botol kaca, toples, kartu, sendok besi, dan buku.

"Barang yang kami sita akan dilakukan pendataan ulang dan kemudian dimusnakan,"ungkap Jose.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar