Beredar Video Kapolda Maluku Ditolak Pengungsi Korban Konflik di Malteng

KBRN, AMBON : Beredar video aksi demo penolakan pengungsi warga Kariu korban konflik Sosial  terhadap  kehadiran Kapolda Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif di Aboru, kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Malteng,  Kamis(27/1/2022).

Kehadiran orang nomor satu di Polda Maluku tersebut, untuk mengunjungi  warga Kariuw yang mengungsi di Aboru, karena rumahnya dibakar saat berkonflik dengan Negeri Ori, Rabu dinihari.

Video tersebut beredar luas di grup-grup whatsapp. Terlihat warga pengungsi yang didominasi perempuan memadati pelabuhan speedboat menghadang kehadiran Kapolda Maluku.

Mereka berteriak melampiaskan kekecewaan dan bahkan ada yang menangis, karena seluruh rumah dan harta benda musnah terbakar.

Warga Kariuw  kecewa dengan sikap Kapolda,  yang tidak merespon mereka ketika  meminta tolong saat insiden penyerangan terjadi.

"Masyarakat Negeri Kariu, di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Korban Penyerangan masyarakat Negeri Pelauw dan Dusun Ory menolak kedatangan Kapolda Maluku Irjen Pol Lohataria Latif yang mengunjungi mereka di Lokasi pengungsian Negeri Aboru,, sebab masyarakat Negeri Kariuw kecewa dengan sikap Kapolda yang tidak merespon mereka ketika insiden penyerangan terjadi,"demikian caption yang menyertai video tersebut.

Sementara itu, Kabid Humas  Polda Maluku, Kombes Pol. Roem Ohoirat yang dikonfirmasi membantahnya.

"Tidak benar. Tadi, itu ada speed pertama yang membawa sembako yang dikawal TNI/Polri yang ditolak mereka,"ucapnya.

Sedangkan terkait  alasan  penolakan,  juru bicara Polda Maluku ini enggan menjelaskannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar