Desa Lata dan Galala Bakal Laksanakan Pilkades Serentak dengan Sistem e-Voting

KBRN, Ambon: Dua dari Delapan desa yang akan melaksanakan pilkades serentak akan menggunakan sistem elektronik atau e-voting. Ke dua desa tersebut adalah desa Lata dan Galala.

Kepala Bagian (kabag) Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Ambon, Ema Waliulu, Selasa (25/1/2022) di Hotel Marina mengatakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak akan dilaksanakan pada 7 Maret 2022.

"Kegiatan ini merupakan pentahapan awal untuk pelaksanaan Pilkades serentak yang memang sudah di rencanakan dilaksanakan sesuai jadwal pada 7 maret 2022,"jelas Waliulu usai pembukaan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Kota Ambon tahun 2022 di salah satu hotel di Kota Ambon, Selasa (25/01/2022).

Diuraikan, delapan Desa dan satu Negeri yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak adalah desa Wayame, Negeri Lama, Poka, Hunuth, Nania, Waiheru, Latta, dan desa Galala, serta negeri Hative Kecil, 

Waliulu mengungkapkan, berbagai tahapan telah dilaksanakan dalam pelaksanaan Pilkada serentak, termasuk sosialisasi aturan – aturan yang mendasarinya.

Untuk dua desa yang melaksanakan Pilkades dengan sistem e-Voting, yakni Latta dan Galala, Waliulu menjelaskan, kedua desa tersebut adalah pilot project Pilkades bagi kota Ambon.

“Dua desa kami ambil sampel yakni desa Latta dan Galala karena dari pimpinan menginginkan ada desa yang merupakan pilot project pelaksanaan e-Voting dan pertimbangan kami ambil dua desa tersebut karena jumlah DPT paling sedikit dari desa/negeri yang lakukan Pilkades serentak,” jelas mantan camat Sirimau itu.

Kendati menggunakan sistem e-Voting, Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Ambon itu mengungkapkan, bakal dilakukan pelatihan dan simulasi penggunaan alat.

“Pelatihan dan simulasi e-voting akan dilakukan panita tingkat kota, dengan menghadirkan narasumber dari pusat. Sebelunya perwakilan dari Desa Latta dan Galala telah diikutkan pada simulasi di Kementerian Dalam Negeri,”ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar