Peroleh PB, Satu Narapidana Lapas Ambon Kembali Dibebaskan

KBRN,Ambon:  Satu narapidana Lapas Kelas IIA Ambon kembali ke rumah lebih cepat usai mendapat Pembebasan Bersyarat (PB), Senin (24/1/2022).

Surat Keputusan PB diserahkan langsung oleh Kasi Binadik, Meky Paty.

"Kami keluarkan narapidana tersebut untuk menjalani PB karena mendapat rekomendasi dalam Sidang TPP, memenuhi persyaratan, dan mereka mengikuti proses pembinaan di Lapas sehingga ia layak menerima hak PB,: ungkap Meky seraya menegaskan pengeluaran narapidana telah sesuai peraturan yang berlaku dan tanpa dipungut biaya.

Pada kesampatan yang sama, Kalapas Ambon, Saiful Sahri, mengatakan PB merupakan hak para narapidana, namun pelaksanaannya harus selektif, tepat, terpenuhi syarat administratif maupun substantifnya, dan tetap mempedomi ketentuan yang berlaku.

"PB bagi narapidana telah melalui berbagai tahapan, baik validasi data berdasarkan berkas yang ada maupun pemeriksaan data ada/tidaknya pelanggaran tata tertib yang pernah dilakukan," urainya.

Sebelum diantarkan, narapidana tersebut diberikan pengarahan dan penguatan agar selama menjalani PB tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum sehingga hak PB dicabut kembali. Selanjutnya, narapidana didampingi petugas melapor ke Kejaksaan Negeri Ambon dan Bapas Ambon sebelum kembali ke keluarga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar