Omicron Masuk Indonesia Timur, Dewan Minta Antisipasi Dini

KBRN, Ambon: Omicron diketahui telah mewabah hingga ke wilayah timur Indonesia. Selain Makassar, varian baru covid-19 ini sudah masuk sampai pada wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mencegah jangan sampai omicron menyebar hingga ke Maluku khususnya Kota Ambon, anggota DPRD Kota Ambon, Julius Toisuta meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk melakukan antisipasi dini.

"Jangan tunggu sampai ini virus masuk. Sudah saatnya pemerintah melakukan antisipasi dini," kata Julius kepada RRI di DPRD Kota Ambon, Senin (24/1/2022)

Menurutnya, antisipasi dini dilakukan selain dengan mensosialisasi terkait pentingnya protokol kesehatan, juga dengan memperketat pintu-pintu masuk yang ada di Kota Ambon. 

"Misalnya di bandara maupun pelabuhan. Dua pintu masuk ini harus diperketat sehingga bisa mengatisipasi meluasnya omicron di Ambon," pintanya

Politisi Denokrat itu menyatakan, antisipasi dini sangat lah penting. Namun jika pemerintah acuh, maka tak menutup kemungkinan, virus ini bisa masuk menyebar di Ambon.

"Kalau pun Omicron sudah masuk di Ambon, sudah tentu aktivitas masyarakat akan kembali terhambat. Jadi harus dicegah sedari awal," imbaunya

Sekadar tahu, Kapusdokkes Polri dalam rilisnya menyatakan omicron sudah menyebar hingga ke Makassar dan NTT. 

Jumlah kasus konfirmasi Omicron di Indonesia pun meningkat sebanyak 83 kasus dari sebelumnya sebanyak 1.078 kasus, per Sabtu (22/1/2022).

Kini total angka konfirmasi Omicron di Indonesia menjadi 1.161 kasus. Seiring bertambahnya angka konfirmasi Omicron di Indonesia, jumlah kasus Covid-19 pun juga ikut meningkat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar