Plt Kadivpas Kemenkumham Wakili Maluku Ikuti Rakernispas

KBRN,Ambon:  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Doktor Saiful Sahri  dipercayakan mewakili Maluku, ikuti  Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan (Rakernispas) Tahun 2022  di Jakarta.

Dalam Rakernispas tersebut kata Saiful,   Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga menyampaikan apresiasi terhadap capaian dan prestasi jajaran Pemasyarakatan  di Tahun 2021, sebab jajaran Pemasyarakatan telah mampu menunjukkan dedikasi dan pengabdian terbaik meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

Harapan lainnya disampaikan agar Divisi Pemasyarakatan (Divpas) termasuk di Maluku harus siap menyongsong Tahun 2022 dengan berbagai resolusi demi perbaikan penyelenggaraan Sistem Pemasyarakatan di Maluku.

Saiful yang juga Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Ambon ini menyatakan siap menindaklanjuti harapan Dirjenpas.

"Pelaksanaan prinsip dasar Pemasyarakatan atau Back to Basics masih menjadi senjata utama mewujudkan pelaksanaan clean and good governance,"tegas Saiful kepada RRI Ambon, Kamis (20/1/2022) siang.

Iapun  sepakat Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan membenahi sistem pemasyarakatan. Justru situasi saat ini  sebagai sebuah tantangan untuk menunjukkan dedikasi dan pengabdian. Khususnya di Maluku banyak yang sudah  dilakukan.Mulai dari upaya tes urine bagi  seluruh warga binaan pemasyarakayan termasuk  petugas Lapas dan Rutan.Cara ini dilakukan tentunya agar pemasyarakatan bebas narkoba. Tidak hanya itu, sidak Handphone dan lainnya rutin dilakukan termasuk pengetatan barang titipan pengunjung.

"Pembenahan akan kami tingkatkan dan butuh partispasi semua pihak,"harap Saiful.

Saiful bersama jajarannya berjanji sesuai amanah Dirjenpas semua keberhasilan yang telah dicapai daerah lain maupun di Maluku tak boleh membuat Pemasyarakatan berpuas diri, melainkan terus berbenah agar dapat memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

Rakernispas ini dihadiri jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), 33 Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 27 Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, serta mitra kerja Pemasyarakatan. Selama tiga hari hingga Jumat (21/1/2022).Rakernispas juga akan diikuti UPT Pemasyarakatan se-Indonesia yang terhubung secara virtual.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar