Aksi Protes Warnai Pengukuhan Adat Raja Assilulu

KBRN, Ambon : Pengukuhan raja adat Negeri Assilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Propinsi Maluku, diwarnai aksi protes dari kelompok masyarakat setempat, Senin (17/01/2022). 

Kelompok masyarakat yang adalah turunan dari matarumah Tau Kalauw Maka'ue itu terpaksa melakukan hal demikian karena mereka menilai ada yang salah dengan tatanan adat yang dilakukan dalam pengukuhan raja desa Assilulu.

Saat aksi tersebut, massa yang berjumlah puluhan orang ini meneriaki untuk kembalikan adat negeri Assilulu sesuai aturan leluhur awal.

"Kami ini Kalauw asli. Kami punya tugas terkait hal-hal adat di negeri ini. Jadi jangan sembarang mengatur adat. Jangan injak-injak tatanan adat negeri ini," teriak mereka

Protes turunan matarumah tau Kalauw Maka'ue ini mendapat penghadangan dari aparat TNI/Polri. Kendati demikian, massa terus menerobos barisan TNI/Polri. Aksi saling dorong pun tak dapat dihindarkan.

Pantauan RRI Ambon, massa mengamuk setelah adanya penyambutan adat terhadap Bupati Malteng, Tuasikal Abua. 

Hingga berita ini naik cetak, koordinasi antara semua pihak masih terus dilakukan dengan harapan agar acara pengukuhan Upulatu Pesia Nusa Telu bisa berjalan aman dan lancar (Rafsanjani)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar