Ombudsman Ungkap Laporan Masyarakat Terkait PKH

KBRN,Ambon: Polemik penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Maluku, terus  menuai sorotan dan mengundang perhatian Ombudsman sebagai lembaga pengawasan publik.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat mengatakan,  terkait dengan penyaluran PKH, pihaknya banyak menerima laporan masyarakat. Laporannya beragam. Ada soal nama penerima yang tidak berhak mendapatkan bantuan, ternyata namanya tercantum dalam daftar PKH.

Bahkan dari laporan itu, masyarakat keluhkan kinerja koordinator PKH yang kadang diduga tak adil saat pembagian bantuan PKH.

"Ini kan laporan masyarakat.Pastinya kami rahasiakan wilayah yang dilaporkan.  Dari ombudsman akan melakukan kajian untuk bentuk tim investigasi. Masalah ini memang harus diselesaikan. Kalau benar terbukti koordinator PKHnya lakukan kesalahan, maka sudah sepantasnya yang bersangkutan dievaluasi,"jelas Slamat, Minggu (5/12/2021)

Langkah evaluasi terhadap para Koordinator PKH ini sangat penting, untuk mengetahui, sejauh mana mereka melaksanakan kerja pendampingan terhadap KPM (keluarga penerima manfaat) PKH.

Intinya tambah Slamat,  tujuan Ombudsman adalah meluruskan persoalan, sehingga keluarga penerima manfaat  ini, bisa mendapat haknya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar