Masyrakat Amahai Diarahkan, Bijak Atur Keuangan Dimasa Pandemi Covid-19

KBRN, AMBON : Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu dharma bakti pengabdian Perguruan Tinggi kepada masyarakat, dilaksanakan oleh Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) di sejumlah desa di Provinsi Maluku.

Salah satu kelompok KKN-PPM UKIM Angkatan LIII Semester Gasal Tahun ajaran 2021/2022 dengan instruktur S.Y Purimahua, melaksanakan kegiatan ini di Negeri Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan, Minggu (21/11/2021), pekan kemarin.

Di Negeri Amahai, Sosialisasi dan Pelatihan membuat selai Kelapa Muda (Young Coconut Jam) juga diperlihatkan ke masyarakat. Amahai diketahui, merupakan Negeri dengan penghasil buah kelapa yang melimpah. Namun, buah kelapa itu hanya dikonsumsi airnya dan dibuat es kelapa muda oleh masyarakat. 

"Disini kami sosialisasi sekaligus melatih, buah kelapa muda dijadikan selai, harganya menjadi tinggi, dibandingkan dengan es kelapa. Selai juga dapat dipasarkan lebih luas, bukan dalam Negeri dan ini menaikkan nilai buah kelapa dan menambah pendapatan keluarga," ungkap Instruktur KKN PPM UKIM Angkatan LIII Semester Gasal T.A 2021/2022,  S. Y. Purimahua, SE., M. Si dalam rilisnya yang diterima media ini, Senin (29/11/2021).

Purimahua menyebut, sosialisasi dan Pelatihan ini penting, bagaimana masyarakat dapat bijak mengatur keuangan keluarga dan mampu memotivasi, pentingnya mengembangkan usaha mikro, serta diberi contoh membuat pembukuan usaha sederhana. Memisahkan uang usaha, dan uang keluarga dari pendapatan bukan usaha.

"Kami berharap lewat sosialisasi dan pelatihan ini, mampu menggerakan ekonomi keluarga dan masyarakat di masa pandemi covid - 19," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar