Ini Harapan Sinode GPM Memasuki Minggu Adventus dan Natal 2021

KBRN, Ambon : Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku telah mengeluarkan petunjuk teknis pencanangan minggu-minggu Adventus dan perayaan Natal tahun 2021 kepada seluruh jemaat di Maluku dan Maluku Utara.

Juknis yang ditandatangani oleh Ketua MPH Sinode GPM Pendeta Elifas Maspaitella, dan Sekum Pendeta S.I Sapulette menjelaskan bahwa, perayaan Adventus dan Natal di tahun ini berlangsung dalam keprihatinan akibat pandemi Covid-19, namun gereja tidak pernah tinggal diam (statis).

Gereja baik umat dan pelayanan, terus hadir melakukan panggilan pelayanannya. Dimana Natal tahun ini, warga gereja diminta merayakannya dengan ucapan syukur sebagai wujud cinta kasih Allah yang telah menyelamatkan dari ancaman pandemi Covid-19.

Perayaan Natal diawali dengan minggu-minggu Adventus yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan menumbuhkan spirit melayani di kalangan para pelayan maupun warga gereja.

Dimana sesuai juknis, pencanagan minggu Advetus dimulai sejak tanggal 26-28 November 2021 pada tiap klasis/jemaat.

Pada masa Adventus yang berlangsung selama 4 minggu, umat diminta berada dalam proses perenungan dan evaluasi diri yang menumbuhkan rasa percaya (iman) dan pengharapan kepada Allah (Yesus Kristus). 

Hal tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan di antaranya, pembuatan ornament dan simbol-simbol Natal; kegiatan pembinaan/ pendampingan keluarga (Binakel). 

"Minggu Adventus pertama, adalah masa penantian, dimana umat diajak untuk memasuki perenungan dan menyiapkan dirinya dengan penuh pengharapan (hope) terhadap janji keselamatan Allah. Minggu Adventus kedua, mengingatkan umat untuk tetap beriman (faith) dan setia mempersiapkan jalan bagi kedatangan Yesus dengan penuh kasih dan cinta. Minggu Adventus ketiga mengajak umat untuk bersukacita dan bergembira menyambut kedatangan Yesus, dan Minggu Adventus keempat adalah pekan  terakhir dari minggu adventus yang mengingatkan umat tentang kedamaian  (peace)," jelas Ketum Sinode pada Juknis.

Ditambahkan, selama masa raya Adventus, umat diharapkan  menyiapkan diri secara sungguh untuk menyambut dan merayakan kelahiran Yesus Kristus maupun kedatangan-Nya pada kali yang kedua. 

"Adventus dan Natal adalah pertanda bahwa Allah telah Hadir bagi kita, dan akan terus hadir dalam karya dan pelayanan Gereja Protestan Maluku. Karena Ia adalah Imanuel, Allah beserta kita," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar