Jaga Laut, Bakamla Edukasi Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan

KBRN, Ambon : Guna menjaga sumberdaya laut tetap lestari dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur memberikan edukasi terkait penangkapan ikan ramah lingkungan bagi para nelayan.

Berlokasi di gedung olahraga Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, kegiatan edukasi oleh Bakamla diikuti sekitar 80 peserta, Selasa (26/10/2021).

Kepala Bidang Operasi Kantor Kamla Zona Maritim Timur Kolonel Bakamla Eko Deni Hartono dalam arahannya mewakili Kazona Timur mengatakan, sebagai insan bahari, sudah selayaknya dan sewajarnya peduli tentang pelestarian lingkungan laut serta keamanan dan keselamatan saat melaksanakan berbagai aktifitas. 

Sejalan dengan hal tersebut, Bakamla juga berupaya membetuk Relawan Penjaga Laut (Rapala) untuk memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya penjagaan dan pengawasan keamanan dan keselamatan di laut

"Oleh sebab itu, mari kita bentuk kesamaan pola pikir, sikap dan tindakan dalam mewujudkan keamanan, keselamatan dan perlindungan lingkungan laut agar memberikan manfaat sekaligus mencegah terjadinya berbagai ancaman yang datang sewaktu-waktu. Rapala juga akan dibentuk, dimana terdiri dari sekelompok orang yang secara sukarela menjaga keamanan, keselamatan dan perlindungan lingkungan laut," jelas Kolonel Bakamla Eko Deni Hartono.

Selanjutnya dalam edukasi tersebut, kelompok nelayan diberikan materi oleh dua narasumber. Pertama, materi diberikan oleh Kadis Perikanan Kota Ambon, terkait penangkapan ikan ramah lingkungan. Dimana para nelayan diajak agar peduli terhadap ekositem laut agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan atau turun-temurun.

Materi kedua disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Informasi Kantor Kamla Zona Maritim Timur Kapten Widyawan Prabowo, terkait relawan penjaga laut (Rapala) Bakamla RI. Dimana rencana pembentukan Relawan Penjaga Laut Nusantara Bakamla RI sesuai dengan peraturan Bakamla RI Nomor 13 Tahun 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00