BPJS Kesehatan Ambon, Gelar Media Gathering, Bersama Jurnalis

KBRN, Ambon: Sejumlah jurnalis se-Kota Ambon mengikuti Media Gathering, yang diselenggarakan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)Kesehatan Cabang Ambon Selasa, (19/10/2021) bertempat di salah satu kafe di daerah Waihaong Kota Ambon.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Happy S. Rumondang Pakpahan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi BPJS Kesehatan dengan media cetak maupun elektronik dalam mendukung optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat di Provinsi Maluku. 

" Kegiatan ini, kami BPJS Kesehatan mau menginfokan bagaimana pelayanan kesehatan sepanjang tahun 2020-2021 di Maluku. Kita mengundang kawan -kawan jurnalis biar menyampaikan informasi ini kepada masyarakat,"kata Rumondang.

Dalam kegiatan tersebut disosialisasikan berbagai media dan fitur yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dalam upaya mendukung kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. 

"Melalui aplikasi mobile JKN, PANDAWA, dan Care Center. Melalui media tersebut, peserta JKN-KIS bisa mendapat sejumlah kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mendapatkan informasi tagihan, melakukan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan dapat memudahkan peserta jika ingin menyampaikan pengaduan dan meminta informasi terkait JKN-KIS,"jelasnya. 

Dalam aplikasi mobile JKN-KIS juha disediakan pula fitur skrining riwayat kesehatan. Fitur ini akanmemudahkan peserta dalam mengetahui kondisi kesehatannya sedini mungkin, selain itu bagi FKTP juga dapat meningkatkan angka kontak peserta dan menjadi sarana untuk dapat memberikan terapi sedini mungkin sebagai tindak lanjut dari hasil skrining riwayat kesehatan.

“Di masa pandemi covid-19 saat ini, untuk meminimalisir kontak langsung kami juga membuka layanan pendaftaran melalui Whatsapp yang dikenal sebagai PANDAWA. Untuk layanan PANDAWA Kantor Cabang Ambon dapat dilayani melalui chat ke nomor 0812 63139024 selama jam layanan. Baru-baru ini BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan pelayanan care center di nomor 165 yang bisa diakses 24 jam,” jelas Mondang.

Program JKN-KIS merupakan program jaminan kesehatan yang manfaatnya dirasakan oleh banyak orang, hal ini bisa dilihat dari peningkatan data kunjungan peserta ke fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Media Gathering tersebut diwarnai dengan sesi tanya jawab antara peserta dengn Kepala BPJS Kesehatan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00