Jamin Kamtibmas, Polres SBB Siap Amankan Pilkades di 42 Desa

KBRN, Ambon : Polres Seram Bagian Barat siap mengamankan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2021 secara serentak pada 42 Desa di kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa tersebut.

"Tahapan kampanye, pemungutan suara pada tanggal 20 Oktober hingga perhitungan suara pada 23 Oktober 2021 akan kita amankan segala prosesnya, karena merupakan agenda Kabupaten SBB," ujar Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Bayu Tarida Butar Butar.

Dikatakan, penditribusian logistik berupa surat suara dan kotak suara  dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten SBB akan dikawal ketat sekaligus dengan pergeseran personil ke masing-masing TPS.

Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Seram Bagian Barat, sehingga tahap Pilkades dapat berjalan aman dan lancar.

"Pilihan boleh berbeda, namun harus tetap menjaga situasi kamtibmas," harap Kapolres.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten SBB, Muksin Pellu, dalam rapat koordinasi mengatakan, berbagi dinamika yang terjadi menjelang Pilkades serentak, salah satunya di Desa Kamariang, diharapkan agar Badan Permusyawaratan Desa (BPD) segera melakukan pertemuan untuk mengambil keputusan terkait ikut dan tidaknya Desa Kamariang dalam Pilkades SBB Tahun 2021. Mengingat segala keputusan tergantung hasil Musyawarah BPD.

"Pilkades dilanjut atau tidak itu tergantung BPD sebagai keterwakilan dari masyarakat yang diangkat dari masing-masing soa. Kalau BPD tidak bisa lagi menyampaikan aspirasi masyarakat, soa berwenangan untuk menggantikan. Sehingga aspirasi tidak disampaikan lewat aksi demo dan blokade jalan," tegasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00