Produk Hasil Pembinaan Napi Lapas Ambon Laku Terjual

KBRN,Ambon: Produk hasil pembinaan kemandirian narapidana (napi)  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon dibidang pertanian berupa sayuran jenis sawi laku terjual.Sayuran tersebut dibeli pengunjung layanan penitipan barang atau makanan Lapas Ambon.

"Sebanyak 20 ikat sayuran jenis sawi narapidana laku terjual, dibeli langsung oleh para pengunjung yang merupakan keluarga narapidana,"terang Kepala Seksi Kegiatan Kerja, La Ode Maliki Djami, Jumat (30/7/2021)

Selain sayuran jenis sawi, Lapas Ambon juga memproduksi sayuran jenis kangkung. Kedua sayuran tersebut ditanam oleh narapidana Lapas Ambon dengan memanfaat lahan di area Lapas Ambon.

"Secara rutin kami memasarkan produk narapidana disetiap Layanan penitipan barang. Hal ini dimaksudkan agar keluarga narapidana mengetahui bahwasannya keluarga mereka tidak hanya menjalani pidananya semata melainkan juga dibina dengan melakukan hal-hal positif," Sambung La Ode.

Sementara itu, Kalapas Ambon, Saiful Sahri mengungkapkan penjualan produk hasil pembinaan narapidana merupakan langkah Lapas Ambon dalam meningkatkkan Penghasilan Naraga Bukan Pajak (PNBP) dan juga diberikan kepada narapidana sebagai upah sebagaimana sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Nantinya hasil penjualan produk pembinaan narapidana akan disetorkan kepada negara dan dibagikan kepada narapidana sebagai upah sebagaimana pembagiannya yang telah diatur dalam undang-udang,"ungkap Saiful.

Dijelaskan bahwa hasil pertanian narapidana Lapas Ambon selain dipasarkan kepada masyarakatan, produk pertanian Lapas Ambon juga didistribusikan pada dapur Lapas dan Rutan Ambon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00