Tim Imigrasi Periksa Dokumen Enam WNA Amerika di Perairan Teluk Ambon

KBRN,Ambon: Dalam operasi mandiri di perairan Teluk Ambon, Tim Imigrasi Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) Ambon, melalui Seksi Intelijen dan Penindakan menemukan Enam WNA Amerika menumpangi kapal layar, berlabuh di Perairan Teluk Ambon, Selasa (27/7/2021).

Dalam satu kapal layar itu berpenumpang Dua WNA dan satu kapalnya lagi berisi Empat WNA.

Sebelumnya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Armand Armada Yoga Surya mendapatkan informasi keberadaan WNA, kemudian memerintahkan kepada Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian untuk menggelar operasi mandiri.

Operasi ini dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Heryanu bersama Yanuar Fandy Surya Kasubsi Penindakan Keimigrasian, 2 Jabatan Fungsional Umum yaitu Suwinton Toisuta dan Andika Jokja serta 1 orang Jabatan Fungsional Tertentu Analis Keimigrasian yakni Deny Wicaksono.

Informasi yang diterima RRI Ambon dari Kantor Imigrasi TPI Ambon, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim Oprasi Mandiri, tidak ditemui adanya pelanggaran keimigrasian yang dilakukan.

Diketahui dalam operasi, Enam WNA itu tidak saling mengenal dan hanya saling berhubungan komunikasi lewat Radio. Untuk kapal pertama tujuan selanjutnya menuju Wakatobi Sulawesi Tenggara dan kapal kedua tujuan Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Selain melakukan pemeriksaan dokumen, tim juga melakukan sosialisasi penegakan hukum Keimigrasian terhadap WNA sebagaimana yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Kegiatan berjalan dengan lancar dan baik.

Kantor Imigrasi TPI Ambon terus melakukan penegakan hukum dibidang keimigrasian, dalam hal ini adalah pengawasan dan penindakan keimigrasian terhadap orang asing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00