25 Narapidana Dipindahkan ke Lapas Ambon dan Saparua

KBRN,Ambon: Sebanyak 25 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Selasa (27/7/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Ambon, Fifi Firda menjelaskan, perpindahan 25 Narapidana ke Lapas Ambon, selain untuk mencegah overcrowded, juga untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di dalam Rutan Ambon.

"Kami mengantisipasi adanya gangguan kamtib di dalam Rutan mengingat fungsi Rutan sebagai tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang Pengadilan yang masa hukumannya tidak lebih dari 2 (dua) tahun," imbuhnya.

Fifi mengungkapkan, meskipun telah dilaksanakannya pemindahan ini, fungsi kontrol dan pengawasan harus terus ditingkatkan, sehingga segala ancaman ataupun gangguan dapat diminimalisir.

Sementara itu, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dorsina Judik Jadera, menjelaskan pemindahan narapidana ke Lapas Ambon dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Coronavirus disease (Covid-19).

"Narapidana yang akan dipindahakan terlebih dahulu melakukan rapid test oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dengan hasil nonreaktif, berbadan sehat dan syarat pemberkasan yang diperlukan Lapas Ambon," ucap Dorsina.

Dorsina menambahkan, selain 25 Narapidana yang dipindahkan ke Lapas Ambon, juga terdapat 6 orang Narapidana lainnya yang juga akan dipindahkan ke Lapas Kelas III Saparua.

"Pemindahan narapidana ke Lapas Saparua untuk lebih mendekatkan narapidana tersebut dengan keluarganya, dikarenakan akses yang begitu jauh, sehingga pemindahan ini dianggap perlu dilakukan," ucap dorsina.

Dengan dipindahkannya 25 narapidana, jumlah Narapidana di Rutan Ambon saat ini adalah sebanyak 305 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00