18 WBP Rutan Ambon Jalani Asimilasi di Rumah

KBRN,Ambon: Sebayak 18 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon menjalani Program Asimilasi di Rumah, Senin (26/7/2021).

Pengeluaran WBP ini sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 24 Tahun 2021 tentang syarat dan tata cara pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersayarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan, Fifi Firda dalam arahannya berpesan agar WBP yang mendapatkan Program Asimilasi Di Rumah ini agar selalu menjaga sikap dan tingkah laku selama berada di luar, maanfaatkan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga, sebab jika kedapatan berbuat tindakan yang melanggar hukum, maka semua hak-haknya akan dicabut dan diproses sesuai perbuatannya.

"Saya berharap pihak keluarga dapat menjaga anggota keluarganya yang sedang menjalani Asimilasi di Rumah ini dengan baik, gunakan dan manfaatkan program Asmilasi di Rumah dari Pemerintah dengan sebaik mungkin,"ujar Fifi.

Sementara itu Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ambon, Aminah Kilkoda yang turut hadir dalam pemberian Asimilasi di Rumah kepada 18 WBP Rutan Ambon menjelaskan, perpanjangan program ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya tertuang dalam Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 dengan akhir program pada 30 Juni 2021.

Pada Permenkumham Nomor 24 Tahun 2021 ini, program Asimilasi Rumah dapat diusulkan bagi narapidana yang memasuki 2/3 masa pidana dan Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) memasuki 1/2 masa pidana mulai 1 Juli 2021 sampai 31 Desember 2021.

Aminah mengingatkan kepada WBP agar selama menjalani Asimilasi di Rumah jangan pernah berpindah alamat atau mengganti nomor telepon yang sudah diberikan kepada pihak Bapas, dan jangan pernah melakukan tindakan yang dapat melanggar hukum.

"Yang mendapat Asimilasi belum sepenuhnya bebas, jadi jangan pernah melakukan tindakan apapun yang dapat membuat hak-hak asimilasi anda dicabut, tetap patuhi protokol kesehatan yang ada dimasa pandemi Covid-19 ini," ucap Aminah

.Ia juga berjanji pihak Bapas Ambon akan selalu mengawasi serta melakukan pemantauan kepada WBP yang sedang menjalani Asimilasi di Rumah, sehingga program ini benar-benar berjalan dengan baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00