Kasus Covid-19 di Ambon Kian Meningkat, Masyarakat Diimbau Kenakan Masker Dua Lapis

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy/Foto Humas Pemkot Ambon

KBRN,Ambon: Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyarankan warga kota untuk mengenakan masker dua lapis. Ajakan ini dilakukan menyusul kasus Covid-19 kian meningkat.

Tanggal 4 Juli 2021 yang terkonfirmasi di Ambon bertambah 270 pasien, Kemudian pada tanggal 5 Juli bertambah lagi 192 pasien. Untuk kasus kematian, meski angkanya masih dibawah rata – rata nasional, namun dari segi kuantitatif tergolong tinggi yakni 97 orang.

Berbicara kepada RRI Ambon, Walikota Richard akui, menggunakan dua lapjs masker untuk pencegahan Covid-19 yang lebih optimal.

"Awalnya kan kita semua pakai satu masker saja. Tapi saat ini disarankan untuk penggunaan dua lapis masker ya,"ujar Walikota, Rabu (7/7/2021)

Selain menggunakan dua lapis masker, Pemerintah Kota Ambon meminta masyarakat terus disiplin protokol kesehatan. Pencegahan akan lebih komplit kalau dibarengi juga dengan menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin.

Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon, Budi Santoso menambahkan, pengunaan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan dihembuskan.

"Ini dipercaya efektif karena masker rangkap menggandakan lapisan material yang harus dilalui oleh tetesan droplet ketika berbicara, batuk, bersin, atau berbicara,"jelasnya.

Sayangnya, ajakan penggunaan dua lapis masker kurang disetujui warga. Irma Wally (67) warga Desa Rumah Tiga Kota Ambon ini akui, satu masker saja ia sudah merasa agak sesak nafas, apalagi harus dua lapis masker.

Pendapat berbeda disampaikan, Jainal La Ode (34). Warga Wayame ini mengaku setuju penggunaan dua lapis masker, karena dinilai lebih aman.

"Apa yang menjadi anjuran pemerintah, kita harus patuhi,"terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar