Ini Ancaman Kakanwil: Pengunjung Abaikan Prokes di Rutan Jangan Harap Dilayani

KBRN,Ambon: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Selasa (22/6/2021)

Didampingi Pelaksana Tugas Kepala Rutan Ambon, Husaini, serta Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Jefry Prseulessy, kedatangan Kakanwil guna memantau pelayanan titipan barang dan memastikan pelayanan protokol kesehatan (prokes) terhadap masyarakat berjalan baik.

Menurut Andi, pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan baik, serta sesuai dengan prosedur yang berlaku utamanya ptotokol kesehatan, wajib dijalankan dengan baik oleh petugas termasuk Warga Binaan Pemasyarakatan atau Narapidana. Tidak hanya itu, pengetatan juga dilakukan bagi pengunjung yang datang.

"Tetap terapkan prosedur kesehatan. Pengunjung yang datang wajib memakai masker serta cuci tangan. Jika ada yang tidak mematuhi prokes tersebut, jangan harap dilayani petugas. Bila perlu disuruh pulang,"tegasnya.

Di Rutan Kelas II A Ambon, pada setiap sudut ruangan, disediakan wadah untuk mencuci tangan. Tersedia juga sabun anti kuman, cairan pembersih tangan anti kuman termasuk alat pengukur suhu tubuh. Begitu ketatnya protokol kesehatan di sini.

Setiap pengunjung yang masuk juga harus jaga jarak. Di meja petugas jaga disekat dengan kaca plastik mika, untuk memberi batas dengan pengunjung.

Andi meminta protokol kesehatan di Rutan Ambon, tetap dipertahankan dan ditingkatkan untuk membantu memutus penyebaran Covid-19.

Dirinya berharap, ada kesadaran semua pihak untuk bersama-sama memerangi pandemi Covid-19 ini. Semua itu harus dimulai dari diri sendiri demi keselamatan bersama.

Pada kesempatan itu, Andi mengingatkan setiap pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan titipan barang maupun layanan pengurusan-pengurusan lainnya jangan dipersulit dan harus bebas dari pungutan liar (pungli).

"Layani masyarakat dengan sepenuh hati, mudahkan setiap pengurusan, dan jangan pernah lakukan pungli,” pesan Andi.

Mewakili Rutan Ambon, Husaini mengungkapkan semua pelayanan telah dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku.

"Kami akan tindak tegas jika ada petugas yang menyulitkan dan lakukan pungli terhadap masyarakat atau Warga Binaan Pemasyarakatan yang akan melakukan pengurusan,” janjinya.

Husaini katakan, Rutan Ambon akan lakukan semua arahan yang disampikan Kakanwil Kemenkumham Maluku dan lebih transparan dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00