Ribuan Pendukung Tim Oranye Pawai Kemenangan Di Ambon Abaikan Prokes

KBRN, AMBON : Ribuan pendukung tim Belanda, kembali melakukan aksi spontanitas turun jalan menggelar pawai merayakan keberhasilan tim kesayangan mereka masuk babak 16 Besar  Euro 2020,  menyusul Belgia dan Italia, di Ambon, Maluku. 

Tim Oranye berhasil menaklukan tim Austria dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang digelar pukul 04.00 dini hari, Jumat (18/6/2021) di Stadion Johan Cruijf. 

Ledakan petasan  sudah terdengar berulangkali diudara sejak Memphis Depay berhasil mencetak gol lewat tendangan penalti di menit 11, menyumbangkan skor pertama bagi Belanda.

Mengenakan kostum yang didominasi warna oranye, ribuan pendukung fanatik Belanda terlihat melakukan konvoi kendaraan, sambil mengusung bendera Belanda mengitari  sejumlah ruas jalan di kota Ambon. 

Aksi serupa juga berlangsung di hampir semua tempat, diantaranya Wayame, Rumahtiga, Passo, Suli, Tial dan sejumlah tempat lainnya. 

Sayangnya, larut dalam euforia kemenangan, sebagian besar dari mereka  yang ikut dalam pawai tidak mengenakan masker, sehingga mengabaikan Prokes Covid-19. 

Padahal  tidak sedikit pedagang yang telah menjual masker dengan logo dan gambar tim yang sedang bertarung di euro 2020. 

Apabila hal ini dibiarkan, sangat dikhawatirkan dapat menimbulkan klaster baru.

“Beta pendukung tim Belanda, ikut pawai deng teman-teman sehabis nonton bareng di Belakang Soya, tapi beta tetap pake masker takut ketularan Covid,” ungkap Bey Parera, salah satu peserta pawai yang ditemui di jalan rijali. 

Bey berharap para pendukung   lainnya juga tetap mengenakan masker untuk mendukung program pemerintah demi  kebaikan bersama.  

Dia mengakui, sebagian besar teman-temannya lupa mengenakan masker karena saat tim yang mereka dukung menang, langsung bergegas ke jalan melakukan pawai.

“Beta berharap, teman-teman tetap bisa meluapkan kegembiraan untuk tim yang didukung, tapi harus tetap pakai masker dan jaga jarak untuk kepentingan bersama. Jangan abai kalau Covid-19 masih ada di sekitar Katong,”ajaknya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00