Imigrasi Jaga Ketat WNA di Bandara

KBRN,Ambon: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Maluku, melalui Divisi Keimigrasian, saat ini makin memperketat pelaksanaan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan Internasional atau warga negara asing (WNA) yang hendak masuk ke Kota Ambon,Maluku.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Maluku, Muhammad Yani Firdaus mengakui, di Bandara Pattimura Ambon, sudah ada tim imigrasi yang memantau protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan Internasional.

Banyak tahapan yang harus dilalui, salah satunya kewajiban karantina. Tapi ini dikecualikan bagi WNA pemegang visa diplomatik dan dinas terkait kunjungan resmi setingkat menteri ke atas serta WNA dengan skema pengaturan koridor perjalanan.

"Kami mendukung pengawasan terhadap kedatangan warga dari luar negeri untuk diperketat, jangan sampai ada celah yang menyebabkan pengendalian Covid-19 di Kota Ambon jadi terganggu,"ujar Firdaus, Jumat (18/6/2021)

Selain itu, ia meminta anggotanya untuk mengecek apakah pendatang tersebut telah menjalani vaksinasi. Jika belum, maka harus diawasi dengan ketat.Pastinya WNI yang datang dari luar negeri juga, harus menunjukkan hasil pemeriksaan menggunakan metode RT-PCR di negara asal yang menunjukkan mereka tidak tertular virus corona.

Sampel untuk pemeriksaan tersebut harus diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum jam keberangkatan. Hasil pemeriksaan wajib dilampirkan dalam kartu kewaspadaan kesehatan (eHAC) Internasional Indonesia.

"Setelah masuk bandara tetap protokol kesehatan  dilakukan secara ketat. Maka yang melintas bandara bisa ditekan potensi penyebaran Covid-19," ucapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00