Cuaca Buruk, Tiga Rute Penerbangan Di Bandara Internasional Pattimura Terpaksa Dialihkan

KBRN, AMBON : Cuaca  buruk berupa hujan dan mendung  yang terjadi di  Kota Ambon, Maluku, ternyata juga mempengaruhi jadwal penerbangan di Bandara Internasional Pattimura Ambon, pukul 08.00 Wit, Senin (14/6/2021).

Pengalihan rute penerbangan dilakukan karena kabut yang mempengaruhi  jarak pandang, sehingga berbahaya bagi penerbangan.

Aditya Narendra Legal, Compliance dan  Stakeholder Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Pattimura Ambon lewat pesan whatsaap kepada  RRI mengatakan,  ada tiga  flight yang mengalami pengalihan rute penerbangan. 

Pesawat Wings Air (IW 1507)  yang awalnya  rute Langgur  tujuan Ambon, karena cuaca  dialihkan  ke Sorong.

Demikian juga Pesawat Lion Air (JT 880) rute Makassar tujuan   Ambon, karena faktor  cuaca  terpaksa  dialihkan   di Sorong.

Sedangkan  maskapai penerbangan  Batik Air (ID 6170) rute Jakarta ke Ambon, dialihkan ke Makassar.

"Ada 3 flight yang dialihkan, Pesawat Wings Air (IW 1507) rute Langgur ke Ambon, karena cuaca divert ke Sorong, Pesawat Lion Air (JT 880) rute Makassar ke Ambon, karena cuaca divert ke Sorong, dan Pesawat Batik Air (ID 6170) rute Jakarta ke Ambon, karena cuaca divert ke Makassar," tulis Aditya.

Sementara itu, update Peringatan Dini Cuaca Maluku tanggal 14 Juni 2021 pukul  09:05 WIT yang direlease BMKG Maluku menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi di sejumlah wilayah di Maluku.

Diantaranya, Kabupaten  Seram Bagian Barat, meliputi  Kec.: Amalatu, Elpa Putih, Kairatu dan sekitarnya.

Kabupaten Seram Bagian Timur hujan terjadi di  Kec.: Gorom Timur, Kian Darat, Kilmury, Lian Vitu, Pulau Gorom, Pulau Panjang, Seram Timur dan sekitarnya.

Kabupaten Kepulauan Aru,  meliputi Kec.: Aru Utara, Aru Utara Timur, Pulau-pulau Aru, Sir-sir dan sekitarnya.

Hujan juga diperkirakan meluas ke wilayah Kab. Maluku Tengah, Kec.: Banda, Seram Utara Timur Seti dan sekitarnya.Kab. Seram Bagian Timur, Kec.: Bula, Bula Barat dan sekitarnya.

Kab. Kepulauan Aru, Kec.: Aru Tengah, Aru Tengah Timur dan sekitarnya.Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 12:05 WIT

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00