Ini Tujuh Tersangka Tambahan Penipuan YAB, Ada Nama Bidadari

KBRN, AMBON : Kepolisian Daerah (Polda) Maluku akhirnya merilis tujuh nama tersangka tambahan kasus penipuan yayasan anak bangsa (YAB), yang sebelumnya tertutup dengan alasan kepentingan penyidikan.

Dari tujuh nama itu, salah satunya bernama bidadari. Bidadari bagi kepercayaan Hindu, adalah makhluk gaib berwujud manusia berjenis kelamin wanita yang tinggal di kahyangan dan menjadi istri para gandarwa. Akan tetapi, Bidadari satu ini, benar-benar menusia.

Bidadari ikut dalam sindikat penipuan yayasan anak bangsa bersama Ketua YAB Josefa Jenalia Kelbulan dan Sekretarisnya, Lambert W Miru yang ditetapkan tetsangka sejak awal.

Bidadari ditetapkan tersangka tambahan bersama, Supici Leky Alias Ice, Lendy Latupatty, Ongen Miru, Berti Miru, Andreas dan Lucas Pattala.

"Ditreskeimum Polda Maluku kembali menetapkan 7 tersangka dalam kasus penipuan yang dilakukan oleh yayasan anak bangsa," tulis Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M Roem Ohoirat dalam pesan watshapnya, Minggu (13/6/21).

Mereka yang ditetapkam merupakan pengurus YAB kaki tangan kedua tersangka awal dan para relawan yang ikut dan turut serta dalam kasus penipuan mengakibatkan kerugian milyaran rupiah oleh masyarakat.

Direskrimum Polda Maluku, Kombes Pol Sih Harno sebelumnya, menyampaikan, total tersangka kasus penipuan oleh YAB berjumlah 9 orang. Setelah sebelumnya baru ditetapkan dan ditahan dua tersangka.Ketujuh tersangka baru, menurut Sih Harno belum ditahan karena masih dalam proses penyidikan."Mereka belum ditahan tapi proses sidik tetap berjalan. Tersangka kasus YAB semua ada 9 orang. Tambahan 7 tersangka. 4 orang pengurus dan 3 orang relawan," jelas Direskrimum.Sebagaimana diketahui, lantaran melakukan penipuan ketua Yayasan Anak Bangsa (YAB) Josefa Jenalia Kelbulan dan Sekretarisnya, Lambert W Miru diringkus penyidik Ditreskrimum Polda Maluku.Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam lantaran melakukan penipuan dan penggelapan uang milik warga milyaran rupiah.Ada empat cara (modus) yang dilakukan para tersangla, sampaikan kepada masyarakat bahwa tender relawan yang menyetor dana Rp 250.000 maka akan dapat bantuan Rp15 juta. Disetor dengan tender Rp 1 juta maka dapat bantuan Rp 50 juta dengan runcian Rp 30 untuk rumah ibadah dan Rp 20 juta dimiliki si penyetor. Tender relawan 45 dimana masyarakat yang setor Rp 1 juta akan dapat bantuan Rp 45 juta dan yang terakhir adalah, tender relawan lepas setor Rp 1 juta bantuan dan bonus Rp 100 juta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00