Pemkot Ambon Berlakukan Tarif Retribusi Parkir di Jalan Umum

KBRN,Ambon: Pemerintah Kota Ambon terapkan tarif retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum, sebagai upaya menata perparkiran di kota berjuluk manise ini.

"Dilihat dari potensi dan kondisi geografis Kota maka ada beberapa jalur di Kota ini yang perlu mendapatkan perhatian serius, karena zona-zona ini berpenaruh terhadap sistem perparkiran ini secara baik,"kata Wali Kota Ambon Rhicard Louhenapessy saat konfrensi pers di Aula Balai Kota Ambon, Senin (17/05/2021)

Dikatakan, penetapan tarif retribusi parkir berdasarkan Perwali no 16 tahun 2021 dan akan diterapkan lima hari ke depan. Untuk saat ini masih dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

Wali Kota menjelaskan, tarif retribusi ditetapkan berdasarkan jenis kendaraan, frekwensi dan zona atau tepi jalan umum yang ditetapkan sebagai tempat parkir yakni zona bebas dan zona strategis. 

Menurutnya, zona strategis diberlakukan parkir progresif atau parkir jam -jaman, yang meliputi ruas jalan A.Y. Patty, jalan Said Perintah, jalan Diponegoro, jalan A. M. Sangaji, dan jalann Sam Ratulangi.

"Besarnya tarif retribusi untuk sekali parkir pada zona bebas yakni kendaraan bermotor roda dua Rp 3.000,- kendaraan roda 3 Rp 4.000,- kendaraan bermotor roda 4 Rp 5.000,- kendaraan roda 6 Rp 8.000,- dan kendaraan roda lebih dari enam sebesar Rp 10.000,"urai Wali Kota Ambon Rhicard Leuhenapessy. 

Sementara besarnya tarif retribusi untuk sekali parkir pada zona strategis adalah kendaraan bermotor roda dua Rp 3.000,- kendaraan bermotor roda tiga Rp 4.000,- kendaraan bermotor roda empat untuk satu jam pertama adalah Rp 4.000,- dan setiap satu jam berikutnya ditambha Rp 2.000,- kendaraan roda enam untik satu jam pertama Rp 6.000,- dan setiap.jam berikutnya ditambah Rp 3.000,- dan kendaraan roda lebih dari enam untuk satu jam pertamanya Rp 10.000,- dan Rp 5.000 untuk setiap jam berikutnya.

"Jadi pertambahan tarif retribusi terhitung ketika waktu bertambah satu menit pada satu jam berikutnya,"jelasnya.

Dalam perwali no 16 tahun 2021 ini juga mengatur terkait besarnya tarif parkir bagi becak dan gerobak untuk sehari parkir sebesar Rp 3.000,-

"Untuk pemilik kendaraan yang memang harus parkir di lokasi tersebut karena kerja di sana, bisa bayar bulanan.  Untuk parkir bulanan, pembayaran dihitung 85 persen dari ketentuan tarif serta dibayar di muka,"tuturnya.

Diungkapkan alasan penetapan tarif retribusi parkir di tepi jalan karena sejauh ini sudah tidak sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di Kota Ambon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00