Dana Miliaran Rupiah untuk Pengembangan Pertanian di Maluku

KBRN, Ambon: Usai memantau ketersediaan sembako di Pasar Mitra Tani Indonesia Center di Ambon, Sabtu (30/5/2020) Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo meminta masyarakat Maluku, agar memberikan kontribusi bagi daerah dengan memaksimalkan potensi pertanian yang ada.

"Apalagi ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, pastinya masyarakat harus lebih bekerja keras. Ya, kepala daerah di Maluku jangan berhenti untuk membuat saya sibuk memikirkan yang terbaik bagi daerah ini," ujar Mentan.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menambahkan, Kementerian Pertanian yang dipimpinnya, siap untuk menjadi supporting sistem pengembangan pertanian di Maluku. 

Ada dana Rp12,8 miliar, khusus untuk pengembangan pertanian di Maluku. Bantuan itu terdiri dari benih pala dan cengkeh serta peremajaan tanaman pala. Bantuan tahap pertama disalurkan ke petani di Desa Asilulu dan Desa Seith, Kabupaten Maluku Tengah. 

"Harapan dari kunjungan saya ke Ambon Provinsi Maluku ini, sekaligus menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian mendorong kemudahan penyaluran Kredit Usaha Rakyat untuk petani di Maluku,"ungkapnya

Sektor Pertanian terang Mentan, menjadi prioritas utama yang dijamin bisa membuat rakyat sejahtera. Untuk itu, pihaknya juga siap menggelontorkan dana melalui Badan Ketahanan Pangan yang difokuskan bagi program tanaman pekarangan. 

Ia juga menyentil kemajuan pertanian di Kabupaten Seram Bagian Barat dan Pulau Buru Provinsi Maluku. Untuk itu, wajib dipertahankan dan terus dikembangkan.

"Kami siap bantu.Tolong kepala daerah bisa usulkan yang dibutuhkan,"tutupnya (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00