Transaksi Digital, Cara Ampuh Tekan Penyebaran Virus Corona

KBRN, Ambon: Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang menganggap, Quick Response Indonesia Standard (QRIS) atau metode pembayaran secara digital, merupakan salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona, yang sekarang ini terus menerus menyerang berbagai negara termasuk Indonesia.

Anggapan itu terang Manullang, karena organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization ( WHO) menyatakan,  bahwa uang tunai juga salah satu yang memungkinkan penyebaran Virus Corona.

"Alangkah baiknya disaat situasi  seperti ini, masyarakat gunakan transaksi secara non tunai,"saran Manullang  dalam Siaran Pers melalui Live Streaming Akun Instagram bank_ indonesia_kpwmaluku , Senin (23/3/2020). Siaran Pers ini dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Roni Nazar, berpusat di Ruang Rapat Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku.

Selain meminimalisir penyebaran Virus Corona, BI juga tambah Manullang menganggap, transaksi menggunakan QRIS mampu menghindari peredaran uang palsu, sekaligus mencegah terjadinya transaksi keuangan yang tidak akurat. Dengan demikian, dapat  memberikan banyak manfaat sekaligus melindungi masyarakat.

" Transaksi non tunai menggunakan QRIS ini cocok dengan berbagai macam aplikasi non tunai lain. Artinya, transaksi bisa dilakukan dengan seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), termasuk Link Aja, Gopay, OVO, DANA dan lainnya,"jelasnya

Manullang  mengakui, terkait dengan partisipasi mencegah  penyebaran Virus Corona, pihaknya telah menerapkan dan terus memperkuat langkah-langkah penguatan aspek K3 (keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja) baik dari sisi pegawai BI, maupun masyarakat sebagai pihak yang berinteraksi dengan BI.

"BI juga meningkatkan pembersihan dan kebersihan di semua lokasi kerja termasuk area-area publik perkantoran BI,"bebernya

Selain itu, kata Manullang dalam rangka menjaga dan menjalankan keberlangsungan tugas dan layanan publik yang mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat, BI terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah serta OJK, dalam menempuh langkah-langkah kolektif untuk melakukan pemantauan, asesmen, pencegahan dan mitigasi implikasi penyebaran Virus Corona (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00