Ekspor Komoditi Maluku, Ini Pelabuhan yang Dilalui

KBRN, Ambon : Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Asep Riyadi menjelaskan ekspor komoditi Maluku selama bulan Juni 2022 dilakukan melalui 3 pelabuhan yaitu Pelabuhan Yos Sudarso, Bandara Pattimura dan Pelabuhan Bula. 

Ekspor berasal dari sektor migas dan nonmigas berupa minyak petroleum mentah sebesar US$ 26,33 juta dan komoditas non migas dari kelompok ikan dan udang.

"Pada bulan Juni 2022 tidak ada ekspor melalui Pelabuhan Tual, Dobo, dan Lirang. Jika dibandingkan dengan bulan Mei 2022 maka terlihat terjadi penurunan nilai ekspor pada Pelabuhan Yos Sudarso sekitar 93,56 persen dan Bandara Pattimura sekitar 36,61 persen.Perbandingan nilai ekspor Maluku periode Januari-Juni 2022 terhadap periode yang sama tahun 2021 menunjukkan peningkatan sebesar 298,86 persen," jelas Riyadi.

Dikatakan, selain ekspor melalui pelabuhan di Maluku, ekspor komoditi asal Maluku juga melalui pelabuhan di luar Maluku. 

Tercatat ekspor komoditi asal Maluku yang di ekspor melalui pelabuhan di luar Maluku mencapai US$ 3,21 juta atau naik 25,94 persen dibanding Mei 2022. Komoditi kelompok ikan dan udang memberikan sumbangan terbesarmencapai US$ 2,55 juta atau mengalami peningkatan 19,66 persen. Selanjutnya, komponen ekspor juga dipicu oleh kelompok lak, getah dan damar senilai US$ 0,27 juta. Komoditas penyumbang ekspor terbesar ketiga dipicu juga oleh kelompok kayu dan produknya berupa kayu lapis senilai US$ 0,21 juta.

Pelabuhan luar Maluku yang dilalui untuk ekspor komoditi asal Maluku pada Juni 2022 adalah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dan Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

"Ekspor komoditi asal Maluku jika dibandingkan bulan Mei 2022, terjadi peningkatan ekspor komoditi asal Maluku pada Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Ekspor terbesar melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yakni sekitar US$ 2,71 juta atau mengalami peningkatan sekitar 19,35 persen dibanding Mei 2022," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar