Dorong Kemajuan Ekonomi, Pemkab BurseL dan UKIM Gelar FGD

KBRN, Namrole : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel) bersama Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Rapat Sekda Bursel, Sabtu (02/07/2022).

FGD antara Pemkab Bursel dan UKIM  dilaksanakan dengan tujuan mendorong percepatan  peningkatan perekonomian daerah, sekaligus kajian analisis daya saing pariwisata daerah.

Dalam FGD ini, Tim UKIM diwakili Pembantu Rektor I Elia Radianto, Ketua Lembaga Peneliti UKIM Marthen Yonas Maspaitela dan empat anggota. 

Sementara dari Pemkab Bursel, hadir antara lain, Kadis Pariwisata, Kadis PMD, Kadis Koperasi, Kadis Perhubungan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Perikanan, Kadis Pertanian, Kepala Bappeda, serta pelaku usaha wisata dan jasa perhotelan di Kota Namrole.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setda Bursel, Abdul Gani Loilatu mewakili Bupati Safitri Malik Soulisa, secara resmi membuka FGD bertajuk ekonomi dan pariwisata tersebut.

Membacakan sambutan tertulis Bupati Safitri Malik, Loilatu menyebut Pemkab Bursel memberikan apresiasi kepada UKIM atas komitmennya mendorong percepatan pembangunan ekonomi dan pariwisata di Bursel.

Menurut Bupati, kajian dan analisis tentang daya saing wisata dalam rangka meningkatkan perekonomian Bursel merupakan sebuah langkah maju yang harus dibahas secara tuntas dalam FGD untuk menjawab tantangan dan peluang.

Ditegaskan Bupati, tema dalam FGD ini, sejalan dengan visi Kabupaten Bursel, yakni meningkatkan kemandirian Bursel secara berkelanjutan sebagai kabupaten yang rukun, adil dan sejahtera berbasis agro marine, serta misi Kabupaten Bursel, yakni  penguatan adat, budaya dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai modal sosial untuk mendorong akselerasi pembangunan pariwisata daerah.

"Jadi, forum ini harus dimanfaatkan secara baik oleh dinas terkait agar dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan daya saing pariwisata daerah," jelas Loilatu.

Karena itu diharapkan, melalui FGD ini, forum dapat merumuskan berbagai kebijakan strategis untuk mendorong percepatan peningkatan  perekonomian daerah, sekaligus membangun iklim pawisata yang kondusif di Bursel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar