Harga Cabai Rawit di Ambon Capai 80 Ribu

KBRN, Ambon : Komoditi cabai rawit di Kota Ambon kembali melonjak. 

Pantauan RRI, Selasa (28/06/2022) di Pasar Mardika dan Pasar Transit Passo, Kota Ambon cabai rawit merah dijual pedagang dengan harga Rp.80 ribu per kilogram.

Jubaedah (55), salah satu  pedagang di Pasar Mardika, Kota Ambon mengatakan cabai rawit mengalami kenaikan akibat kurangnya pasokan yang masuk ke Kota Ambon. Sebelumnya cabai dijual dengan harga Rp.60 ribu kemudian berangsur naik menjadi Rp 70 ribu, dan kini terus melonjak hingga level Rp.80 ribu per kilogram.

Meski harga cabai terus melonjak, Jubaedah mengaku daya beli masyarakat di Kota Ambon tetap stabil, dan stok juga tetap tersedia untuk memenuhi permintaan masyarakat. Dan diperkirakan harga cabai akan terus melonjak hingga lebaran haji nanti, jika pasokan masih minim dari daerah sentra.

"Cabai rawit di Ambon meski harga mahal tetap masyarakat beli. Orang Ambon itu suka makanan yang pedas. Cabai eceran sekarang dijual Rp.10 ribu per cupa (ukuran kaleng susu kental manis) kalau per kilonya Rp.80 ribu," ujar Jubaedah.

Sementara itu Kepala Seksi Bapok dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDN) Disperindag Maluku,  Hermawan  menjelaskan dari hasil  pantauan update (27/06/2022) tercatat cabai rawit merah mengalami kenaikan harga sebesar 12% yakni naik dari sebelumnya Rp.71 ribu per Kg menjadi Rp.80 ribu per Kg.

Penyebab kenaikan harga adalah kurangnya pasokan sebab yang masuk hanya dari sentra lokal Pulau Buru. Modal Pedagang pun naik menjadi Rp.70 ribu per Kg.

Selanjutnya harga komoditi di pasar tradisional Kota Ambon yang berangsur turun yakni cabai keriting dan tomat, dan untuk bawang putih harganya tetap stabil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar