Berdayakan Pelaku Usaha, PNM Cabang Ambon Intens Gelar Pelatihan

KBRN, Ambon : PT Permodalan Nasional Madani (PNM) semakin aktif melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada perempuan ultra mikro yang diselenggarakan di Pulau Ambon, Namlea- Kabupaten Buru, dan Namrole-Kabupaten Buru Selatan. 

Sebanyak 160 nasabah PNM Mekaar menerima pelatihan melalui sosialisasi antar nasabah PNM yaitu Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM), yang turut dihadiri oleh Endang Sriwahyuni selaku Kepala Regional Mekaar Ambon, Darmin Kasim selaku Narasumber dari Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas UMKM Provinsi Maluku, dan Henokh Lekatompessy.

Kegiatan ini merupakan program pemberdayaan yang dirancang melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Pelatihan yang diberikan berupa sosialisasi perijinan usaha dan literasi keuangan yang sangat bermanfaat sehingga peserta difasilitasi dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan tabungan Simpedes UMi BRI.

PNM melalui program PKU, memberikan pelatihan yang bersifat pendampingan antar PNM dengan nasabah yang tujuannya mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya memiliki perijinan usaha (NIB) sehingga legalitas usahanya terjamin sehingga dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, dan kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas. 

Disamping itu pelatihan literasi keuangan juga mendukung para nasabah agar usahanya terus berkembang pesat di pasar lokal, nasional serta online sehingga pemasarannya semakin luas.

Sebagai informasi, hingga 23 Juni 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 130,75 Triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 11,970 juta nasabah. 

Saat ini PNM memiliki 3.498 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar