Jaga Ketahanan Pangan, Danlantamal IX Panen Jagung Perdana di Telaga Kodok

KBRN, Ambon : Komandan Lantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina mengunjungi lahan program ketahanan pangan TNI AL Lantamal IX yang berlokasi di Dusun Telaga Kodok, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (24/05/2022)

Kunjungan disertai panen jagung tahap pertama ini dilakukan dilahan subur yang dirintis Lantamal IX Ambon sejak (22/2/2022) dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan TNI AL. 

Untuk sementara, lahan yang ditanami jagung seluas 5 hektar dibantu dengan 20 kelompok tani. Nantinya akan dikembangkan lagi sehingga bisa menjadi tempat agrowisata di Ambon.

"Lahan program ketahanan pangan aset TNI AL yang ada di Telaga Kodok ini yang kita punya luasnya kurang lebih 49 hektar, sementara yang sudah ditanami kurang lebih 5 hektar, kita tanami jagung," kata Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dalam arahannya.

Selain penanaman jagung lanjutny, lahan subur tersebut kedepan akan diolah dan ditanami berbagai jenis tanaman sayuran, buah - buahan seperti pepaya, durian, jeruk dan mangga. Diharapkan  kedepannya lahan yang berada di Dusun Telaga Kodok bisa berkembang menjadi tempat agrowisata di Kota Ambon lewat kerjasama dengan instansi dan stakeholder terkait.

Menurutnya, pemanfaatan lahan subur tersebut juga sebagai wujud nyata dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono salah satunya yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Disisi lain, program ketahanan pangan ini juga sebagai upaya Lantamal IX Ambon dalam memberdayakan masyarakat dan petani sekitar lahan tersebut, agar bermanfaat untuk kesejahteraan personel Lantamal IX dan juga untuk membantu masyarakat, khususnya di wilayah Maluku.

Selanjutnya, hasil panen jagung tahap pertama dilahan seluas 3 hektar akan dipasarkan melalui penampung hasil perkebunan di wilayah Ambon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar