Ribuan UMKM Non Pertanian di Maluku Mulai Didata

KBRN,Ambon: Sebagai upaya membangun basis data tunggal Koperasi dan UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan program Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2022 (K-UMKM2022).

K-UMKM2022 ini diharapkan mampu menjadi basis data tunggal Koperasi dan UMKM yang akurat, mutakhir, dan terpadu.

Kepala Bidang Koperasi  Dinas Koperasi UMKM Provinsi Maluku, Azmi Elly mengatakan, pendataan itu menyentuh 30.000 pelaku K-UMKM Non Pertanian di Maluku seperti pedagang kaki lima dan pedagang keliling.

"Ini sebagai upaya membangun basis data tunggal K-UMKM sudah pasti melibatkan peran dari tenaga pendata,"ungkap Azmi dalam Dialog Khusus Beranda Nusantara di RRI Ambon, Selasa (24/5/2022). Dialog ini mengusung topik UMKM Usaha Maju, Kita Mendunia.

Kriteria pendataan lengkap  K-UMKM Tahun 2022, yaitu, merupakan sektor Non Pertanian yang ikut didukung Badan Pusat Statistik (BPS).

"Semoga akan semakin banyak K-UMKM yang terdata. Diharapkan Desember 2022 ini bisa rilis Sistem Informasi Data Tunggal K-UMKM, karena ini ditunggu banyak pihak. Pengumpulan data dan kegiatan ini cukup besar, semoga dapat bermanfaat ," ucap Azmi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar