Danlantamal IX Lepas Tim Ekspedisi Pelayanan Kas Keliling BI

KBRN, Ambon :  Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina melepas Tim Ekspedisi Pelayanan Kas Keliling Rupiah Berdaulat tahun 2022 Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Acara seremonial tersebut dihadiri oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. ( Han) dan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Pusat Marlison Hakim, di Dermaga Lantamal IX Kesatrian Tawiri, Teluk Ambon, Kota Ambon, Jumat (19/05/2022)

Ekspedisi kas keliling akan menjangkau pulau-pulau Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T) di wilayah Maluku oleh Tim Perwakilan Bank Indonesia dan TNI AL Lantamal IX Ambon tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas uang di seluruh wilayah NKRI dan mewujudkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022.

Hal ini juga merupakan salah satu tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang tertuang dalam UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, salah satunya yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah, agar program pemerintah dalam percepatan pertumbuhan pembangunan dan ekonomi dapat tercapai.

Sebelum acara pelepasan, para rombongan tamu undangan yang hadir disambut dengan tarian Cakalele, yang ditampilkan dengan penuh semangat dan heroik dari para penari.

Dalam sambutannya, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Pusat, Marlison Hakim, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi untuk jajaran TNI AL yang telah mendukung kegiatan Kas Keliling Bank Indonesia tahun 2022.

"Dalam kegiatan ini, kita dihadapkan dalam dua institusi dengan dua kepentingan yang sama, yaitu TNI AL berkepentingan untuk menjaga kedaulatan dan pertahanan NKRI serta menjaga keamanan di pulau-pulau, sedangkan Bank Indonesia berkepentingan menjaga NKRI dengan rupiah di seluruh wilayah Indonesia," tambah Marlison Hakim.

Kesempatan tersebut, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. ( Han ) juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi atas kerjasama yang sudah terjalin antara Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut. 

Dalam pelayanan kas keliling dengan  KRI Wondama 527 tersebut, para prajurit diminta untuk menjalin komunikasi yang baik dengan tim kas keliling Bank Indonesia, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai ketentuan dari pemerintah sekaligus memperhatikan keamanan dan tentunya utamakan keselamatan personel dan material.

"Laksanakan operasi laut ini sesuai standar operasional prosesur, apabila menemui kendala di lapangan segera laporkan," tutup Laksamana Muda Dadi Hartanto, M.Tr. (Han).

Sementara itu, Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kas keliling sekaligus menjaga rupiah dengan baik seperti yang dikampanyekan oleh Bank Indonesia yaitu cinta, bangga, paham, mengenali dan merawat serta menjaga rupiah.

"Kepada para peserta, saya ucapkan selamat menikmati perjalanan ke daerah-daerah terdepan di wilayah Maluku,"  tutup Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dalam sambutannya.

Setelah acara sambutan selesai, para pejabat tamu undangan saling bertukar cinderamata berupa plakat dan dilanjutkan dengan pemakaian rompi kepada Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2022.

Pada kegiatan tersebut juga, Gubernur Maluku beserta rombongan undangan yang hadir menyempatkan diri untuk meninjau langsung KRI Wondama 527 sebelum berangkat melaksanakan operasi laut membawa Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat tahun 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar